30 Kata-Kata Pembangun Sukses dari Bill Gates

MOTIVASI HEBAT

“Ketika saya beranjak dewasa, orangtua saya selalu mendorong kami untuk banyak membaca dan berpikir untuk diri sendiri. Mereka mengikutsertakan kami dalam diskusi-diskusi menyangkut segala hal, mulai dari buku hingga politik. Di musim panas, kami suka pergi ke Hood Canal di mana keluarga kami serta beberapa keluarga lainnya yang berkumpul di sana setiap tahunnya akan mengadakan banyak pertandingan – lomba estafet, lomba bawa telor, tangkap bendera. Selalu menyenangkan, dan memberi kami keyakinan bahwa kami bisa bersaing dan sukses.”

“Ketika saya remaja, mengalahkan komputer adalah prestasi. Itu adalah cara belajar.”

“Ketika kami masih remaja, Paul Allen mengajar saya banyak hal tentang perangkat keras komputer, dan mendorong saya untuk meyakini – dan mempertaruhkan keberuntungan pada – prosesor mikro. Saya cukup beruntung, di usia yang masih muda, menemukan sesuatu yang saya cintai dan mempesona saya – dan masih mempesona saya. Dan saya beruntung memiliki orangtua yang memotivasi serta mendorong saya.”

“Saya prihatin mendengar anak-anak muda mengatakan bahwa mereka tidak mau kuliah karena saya sendiri tidak lulus. Satu, saya mendapatkan pendidikan yang sangat baik walaupun saya tidak menunggu cukup lama untuk mendapatkan gelar saya. Kedua, dunia ini menjadi semakin kompetitif, terspesialisasi, dan kompleks setiap tahunnya, menjadikan pendidikan tinggi penting di zaman sekarang, seperti pentingnya pendidikan sekolah menengah di zaman dulu.”

“Saya menyukai tahun-tahun saya di kampus, dan dalam banyak hal, saya menyesal berhenti kuliah. Saya berhenti hanya karena saya memiliki gagasan – mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer mikro yang pertama – dan hal itu tidak dapat ditunda.”

“Kami percaya bahwa komputer dapat melakukan keajaiban. Dan oleh karenanya, sedari awal, slogan kami adalah ‘tersedianya sebuah komputer di setiap meja tulis dan di setiap rumah tangga’.”

“Orangtua saya tidak begitu gembira ketika mendengar rencana saya untuk berhenti dari Harvard, demi memulai sebuah bisnis dalam bidang yang hampir belum pernah didengar siapapun, yang disebut ‘komputer mikro’. Namun mereka selalu bersikap mendukung.”

“Mempertahankan fokus adalah kunci sukses. Anda seharusnya memahami bidang kompetensi Anda, keterampilan Anda, dan menghabiskan waktu serta energi Anda di sana.”

“Saya bukanlah seorang pendidik, melainkan seorang pelajar. Dan salah satu hal yang paling saya suka dalam pekerjaan saya adalah bahwa saya dikelilingi oleh orang-orang yang juga suka belajar.”

“Orang-orang muda lebih mau belajar, lebih memiliki gagasan baru.”

“Kami tidak pernah membuang-buang waktu membicarakan prestasi yang baik. Itu bukanlah budaya kami. Setiap rapat adalah tentang ‘OK, kita menang dalam tujuh kategori, namun bagaimana dengan kategori yang kedelapan?”

“Kami beritahukan kepada para karyawan, bahwa jika tak seorang pun mentertawakan setidaknya sebuah gagasannya, mereka mungkin tidak cukup kreatif.”

“Umpamanya, ketika saya rapat, saya mengingat objektif-objektif yang spesifik. Saya tidak banyak mengobrol, terutama jika saya bersama dengan rekan-rekan yang sangat saya kenal. Kami membahas pelanggan yang hilang atau di bidang apa biayanya terlalu tinggi, lalu selesailah rapatnya. Bang! Tantangan yang ada selalu lebih banyak daripada waktu yang ada, jadi untuk apa membuang-buanga waktu?”

“Karena tidak ada cukup waktu dalam seharinya, sungguh menggoda untuk melakukan dua hal sekaligus. Sekarang ini saya sedang menyempurnakan kemampuan untuk membaca suratkabar sambil menaiki sepeda olahraga – mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus yang sangat praktis.”

“Saya iri terhadap orang-orang yang sanggup tidur hanya tiga empat jam setiap malamnya. Mereka memiliki begitu banyak waktu untuk bekerja, belajar, dan bermain.”

“Saya suka memaksa segalanya secara maksimal. Di sanalah sering Anda temukan prestasi yang tinggi.”

“Cara berpikir wiraswastawan terus hidup di Microsoft karena salah satu sasaran utama kami adalah menemukan kembali diri sendiri – kami harus memastikan bahwa kamilah yang menggantikan produk-produk kami sendiri ketimbang orang lain.”

“Anda membutuhkan sebuah tim yang kuat, karena tim yang biasa-biasa saja akan memberikan hasil-hasil yang biasa-biasa saja , seberapa baikpun dikelolanya.”

“Orang-orang harus diberikan waktu untuk memikirkan segalanya.”

“Jangan mengambil keputusan yang sama dua kali. Sempatkanlah diri untuk berpikir, untuk mengambil keputusan yang mantap sedari awalnya, agar Anda tidak perlu mengevaluasi kembali persoalannya dengan percuma. Jika Anda terlalu suka membuka persoalan lama, hal itu tidak hanya menghambat pelaksanaannya, namun juga mengganggu motivasi Anda untuk mengambil keputusan sedari awalnya. Toh, untuk apa repot-repot memutuskan suatu persoalan jika tidak benar-benar diputuskan?”

“Microsoft adalah sebuah perusahaan yang bergerak sangat cepat, dan kami menentukan prioritas-prioritas berdasarkan apa yang diminta pelanggan.”

“Dalam industri yang cepat, perusahaan-perusahaan yang sukses adalah perusahaan-perusahaan yang mampu menjadi yang terdepan dalam trend (kecenderungan) kunci dan benar-benar menambah nilai dalam aplikasi-aplikasi baru.”

“Saya pikir bisnis itu sangat sederhana. Untung. Rugi. Hitung angka penjualannya, kurangi biaya-biayanya, maka akan Anda dapatkan angka positif yang besar ini. Matematikanya sangat sederhana.”

“Seandainya saya memiliki gagasan tentang garis akhir, tidakkah Anda berpikir bahwa saya telah melewatinya bertahun-tahun yang lalu?”

“Bahkan hari ini pun, yang menarik minat saya sama sekali bukan uang. Jika saya harus memilih, antara pekerjaan saya dengan memiliki kekayaan besar, saya akan memilih pekerjaan saya. Sungguh lebih menyenangkan untuk memimpin tim yang terdiri dari ribuan orang-orang cerdas berbakat, ketimbang memiliki saldo bank yang besar.”

“Bisnis adalah permainan yang baik. Banyak kompetisinya dan sedikit aturannya. Anda mencetak angka dengan uang yang Anda peroleh.”

“Dunia bisnis bergerak semakin cepat dan semakin global sifatnya. Menggunakan sistem-sistem digital ini membuat semua orang terhubungkan dan menganalisa informasi dengan cara yang kaya, akan menjadi syarat sukses dari bisnis di masa depan.”

“Masa depan adalah yang paling penting; itulah sebabnya saya tidak terlalu sering menoleh ke belakang.”

“Saya tidak membuang-buang waktu menyesali yang telah lalu. Saya mengambil keputusan, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah, bahwa begitu Anda mengambil keputusan tersebut, jangan goyah sama sekali. Janganlah berpikir, wah, aku seharusnya dapat menjadi dokter yang hebat, aku seharusnya dapat menjadi petenis hebat, playboy hebat, pemain poker hebat, yang tidak mungkin. Bersikap habis-habisan dan menanti-nantikan terhadap apa yang Anda kerjakan adalah unsur penting dalam mengerjakannya dengan baik.”

“Orang-orang pintar di seluruh perusahaan harus memiliki kekuatan untuk menggerakkan sebuah prakarsa.”

By : Motivasi Hebat

Baca juga: 17 Kalimat Mutiara Hebat Tentang Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *