Cara Melatih Kesehatan Pikiran

5 Cara Melatih Kesehatan Pikiran

Cara Melatih Kesehatan Pikiran – Kita sepakat bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan istimewa, tanpa kecuali. Mengapa? Karena manusia dalam penciptaannya dibekali dengan akal dan pikiran untuk membedakan antara yang baik dan buruk, benar dan salah.

Pikiran manusia sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pikiran alam sadar dan pikiran alam bawah sadar. Pikiran alam sadar berfungsi sebagai tempat pemrosesan analisa, logika dan perbandingan. Sedangkan pikiran alam bawah sadar sebagai pembentukan intuisi, seni, juga memori.

Menurut penelitian, 88% kekuatan pikiran dikuasai oleh alam bawah sadar dan 12% sisanya berada di bawah kendali alam sadar. Ini berarti bahwa kuasa dari pikiran alam bawah sadar kita sebenarnya sangatlah kuat.

Pikiran dan kesehatan memiliki keterkaitan yang sangat erat, disaat pikiran kita penat maka kesehatan akan dengan mudah terganggu. Tanpa pikiran yang jernih kita tidak akan bisa memotivasi diri kita untuk meraih sukses.

5 Cara Melatih Kesehatan Pikiran

Jika sobat mover sedang penat, anda harus segera menyehatkan kembali pikiran anda. Setidaknya ada lima cara yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan pikiran kita. Yuk simak!

1. Singkirkan rutinitas Anda Sejenak

Seseorang yang terpaku pada kegiatan ritual yang sama setiap harinya maka pola pikirnya pun akan mengikuti pola yang sama, begitu pula dengan emosinya. Maka, sesekali singkirkan rutinitas Anda. Lakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Misalnya lakukan perjalanan ke kantor lewat jalur yang berbeda dari yang biasa Anda lewati. Anda juga bisa makan siang pada waktu dan tempat yang berbeda. Gunakan busana yang lain dari hari-hari kemarin. Sesuatu yang baru, diyakini dapat menyegarkan pikiran dan berdampak positif bagi Anda.

2. Cobalah Sesuatu yang Baru Untuk Mental Anda

Banyak sekali kelas kursus atau organisasi bagi orang dewasa yang dapat Anda ikuti untuk memperluas wawasan berpikir Anda. Dan Anda bisa memilihnya salah satu. Misalnya kursus merangkai bunga, kursus montir mobil, memasak, atau mengikuti organisasi pecinta alam. Keikutsertaan Anda dalam aktivitas tersebut dapat memberi kekayaan batin dan menambah wawasan Anda. Walau mungkin apa yang Anda pelajari tidak langsung Anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari tapi kegiatan itu dapat merangsang kerja otak dan pikiran Anda yang tengah jenuh dalam rutinitas.

3. Lakukan Kegiatan yang Baru Bagi Fisik Anda

Meskipun latihan ini dalam rangka menyegarkan pikiran Anda, tetapi Anda dianjurkan juga untuk melakukan aktivitas fisik yang baru. Karena, pikiran akan bekerja lebih aktif selama Anda melakukan kegiatan fisik. Anda bisa melakukan olahraga yang belum pernah Anda coba atau rekreasi ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Pikiran Anda akan bekerja lebih aktif selama Anda melakukan aktivitas baru tersebut, tanpa Anda sadari. Dan Anda pun akan merasakan kepuasan dan ketenangan batin yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya!

4. Konsumsi Berbagai Macam Bacaan

Bacaan yang variatif selain dapat memperkaya wawasan dan intelektualitas, juga dapat menambah pengalaman batin Anda. Maka, jangan terfokus hanya pada satu jenis bacaan. Jika selama ini Anda doyan melahap bacaan politik atau teknologi, bacalah novel-novel dengan cerita romantis. Baca juga berita-berita olahraga, fashion, gosip, kesehatan, dsb. Percayalah, bacaan yang variatif ini akan membuat pikiran Anda lebih ‘fresh’ dari sebelumnya.

5. Sempatkan Meditasi Setiap Hari

Meditasi berguna sebagai relaksasi dan peregangan otot-otot pikiran Anda. So, sebelum Anda memulai aktivitas harian, lakukan meditasi beebrapa saat. Lakukan di tempat yang cukup tenang dan nyaman. Pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam, dan lepaskan beban pikiran Anda. Kosongkan otak Anda, seperti halnya isi batre handhone yang terkuras kemudian di charge lagi. Ulangi latihan ini setiap harinya.

Semoga artikel mengenai 5 Cara Melatih Kesehatan Pikiran diatas bermanfaat untuk Anda, Selamat Mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *