53 Kata Kata Bijak Pemandu Kesuksesan Para Pengusaha

“Di dunia yang berubah cepat, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah jika tak berani mengambil risiko.”

“Saya tak mau pengalaman dan pengetahuan saya terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak.” – Bob Sadino

“Siapa pun yang memiliki mimpi dan gagasan besar, akan ada jalan yang membukanya.”

“Satu orang menunjukkan gunung bisa didaki, maka akan ada orang-orang lainnya yang lebih percaya bahwa gunung tersebut bisa didaki.” – William Tanuwijaya

“Yakinlah bahwa Anda memiliki kemampuan. Anda harus berani melontarkan kata “justru” dan yakin bisa asal mau!”

“Bagaimanapun kondisi kita, jangan pernah menyerah. Kita tentu harus mensyukuri nikmat yang ditakdirkan dan yang kita miliki.”

“Kekurangan dan kemiskinan justru menjadi sumber penyemangat. Sebagai orang kampung, mereka harus bisa menunjukkan bahwa mereka bisa eksis di Jakarta, bisa survive.”

“Tidak semua gunung di Gunung Kidul hanya pantas untuk diambil batu kapurnya. Banyak harta terpendam yang bisa dikembangkan hingga bernilai ekonomis.”

“Pengusaha yang sukses pasti tidak akan mudah menyerah tapi selalu mencari celah peluang, mencari upaya lolos dari masalah, dan selalu berkarya untuk meraih kesuksesan.”

“Orang yang tidak mudah menyerah biasanya memiliki mental baja. Bisa saja dari dalam diri sendiri mentalnya sudah bagus, bisa juga karena didorong oleh orang lain yang mampu memberikan kekuatan mental.”

“Barang siapa yang tidak mampu memberi apa-apa, dia juga tidak bisa merasakan apa-apa.” – Friedrich Nietzsche

“Meskipun ada ilmunya untuk menghitung berapa harga perusahaan (value appraisal), harga paling mahal adalah seberapa besar Anda mencintai perusahaan tersebut.”

“Respect yourself and others will respect you.” – Confucius

“Respek tidak datang sehari dua hari, tetapi melalui proses bartahun-tahun. Respek harus dipelihara dan dipertahankan. Kalau kita bisa terus mempertahankannya, akan menjadi semacam trade mark.”

“Mereka yang miskin bukanlah mereka yang memiliki sedikit, melainkan mereka yang menginginkan banyak.” – Jose Mujica

“Sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan sesuatu yang hebat.”

“Menjadi apa saja, kalau dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, akan bisa mengubah dunia.”

“Seseorang yang memiliki jiwa leadership akan membuat pertimbangan masak setiap masalah. Mereka memiliki jeda dalam mengambil keputusan, tetapi tetap tegas. Tidak hanya berpikit untuk dirinya sendiri, tapi juga lingkungan dan ekosistem.”

“Orang kreatif bisa membuat sesuatu yang kadang sederhana tapi tidak dilakukan orang kebanyakan. Inventor-inventor utama selalu dihasilkan oleh orang-orang kreatif.”

“Orang yang bekerja berdasarkan kesenangannya atau hobi sering sukses. Karena memiliki passion yang tinggi, mereka lebih produktif.”

“Tak heran bila orang kreatif akan menghasilkan produk-produk yang dahsyat. Mereka bisa menghubungkan sesuatu yang orang lain tidak pikirkan.”

“Ikuti hobimu, arahkan ke hal yang positif, yakini bahwa itu bisa mengubah hidupmu, tetap berkreasi (kreatif), dan jangan menyerah.” – Wahyu Aditya.

“Jangan meremehkan kekuatan data. Karena apa pun bisnis dan usaha Anda, kekuatan data akan mampu mengakselerasi pertumbuhannya.”

“Untuk berbuat baik tentu tidak harus menjadi pejabat. Jadi apa pun Anda, tetap akan bisa memberikan kontribusi positif. Mulailah dari lingkungan terdekat.”

“Memang saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah aksi nyata, contoh konkret, bukan pidato omong kosong.”

“Bisnis tidak harus dikerjakan semuanya sendiri. Selama bisa dilakukan dengan model kerja sama, saling mendukung, maka akan bisa maju bersama dan saling menguntungkan.”

“Banyak sekali orang yang sukses justru karena mereka sering menghadapi situasi kritis dan stres, tapi mampu mengatasinya.”

“Berpikir alternatif, atau bisa disebut berpikir kontrafaktual adalah sebuah konsep dalam psikologi yang melibatkan kecenderungan manusia untuk menciptakan alternatif yang mungkin dalam menghadapi masalah atau peristiwa dalam kehidupan.”

“Dengan sistem merit, hubungan antara pemilik dan karyawan-karyawan berprestasi menjadi dekat, seperti saudara, bahkan bisa sangat emosional.”

“Implikasi dari konsep merit, semakin tinggi kinerja yang diraih karyawan, semakin tinggi pula kenaikan imbalannya.”

“Sebenarnya, modal utama bukanlah biaya atau capital sheet. Lebih dari itu adalah mental, mindset, dan ide usaha.”

“Ada beberapa jenis sumber biaya pengembangan bisnis, yaitu menambah biaya dari kantong sendiri, pinjaman bank, partner strategis, dana dari pasar saham, sistem anjak piutang (factoring), dan angel investor atau venture capital.”

“Faktor yang sering digunakan untuk menilai apakah perusahaan itu layak mendapat pembiayaan bukan terletak pada berapa besar nilai aset, bukan juga bagaimana kinerja perusahaan, melainkan pada mimpi perusahaan yang akan dibiayai tersebut.”

“Jangan terjebak bahwa teman dari komunitas yang sama sesuai untuk kerja sama membuat usaha.”

“Semestinya, bisa dibedakan, apakah Anda cukup berteman baik dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, atau harus diwujudkan dengan bekerja sama atau berkoalisi.”

“Banyak contoh lain dalam perusahaan yang sukses karena mereka terdiri atas orang-orang dengan minat yang sama, tetapi memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan masing-masing memberikan kontribusi untuk menguatkan usahanya.”

“Menjadi pionir bisnis memang gagah. Tapi harus disadari bahwa untuk menjadi seperti itu ada banyak resiko atau efek yang akan ditemui.”

“Banyak orang yang tidak yakin dengan intuisinya karena sering gagal. Untuk itu, dibutuhkan data untuk mendukung.”

“Data-data tepat dapat membantu kita menghasilkan pertimbangan yang berguna untuk mengambil kesimpulan penting. Data ini akan memberikan alasan kuat untuk menunjang argumentasi putusan.”

“Setiap pilihan, selalu ada risikonya. Ada pilihan yang risikonya besar, ada pilihan yang risikonya kecil. Di situlah akan kelihatan, apakah Anda sebenarnya orang yang berani mengambil risiko atau cenderung menghindari risiko.”

“Bantuan yang tulus sering memudahkan atau melancarkan usaha seseorang untuk menghasilkan yang diharapkan.”

“Pertarungan orang pintar dan wong bejo itu merupakan pertarungan kreatif. Mereka telah merekayasa pasar yang semula tidak ada menjadi ada dan dibesarkan.”

“Melawan produk sejenis yang sudah mapan bukan perkara mudah dan ringan. Diperlukan effort yang sangat besar untuk menghadapinya, baik tenaga maupun biaya.”

“Kreatifitas tidak hanya tentang membuat model atau desain produk, tetapi juga dalam hal temuan bisnis model penjualan yang unik.”

“Biasanya, orang rasional tidak mudah dirayu. Ini karena mereka selalu mengalkulasi informasi yang diterimanya, disaring dulu, kemudian baru diimplementasikan dalam keputusan yang rasional.”

“Tidak perlu takut melawan mindset negatif dan menghadapi hegemoni bisnis dengan modal besar.”

“Banyak orang yang justru sukses ketika membuat gebrakan, serta melawan kebiasaan dan pandangan umum. Mereka bahkan bisa menjadi trendsetter atau pionir bagi pihak lain.”

“Kualitas dan kejujuran dalam menyampaikan produk, lebih berharga ketimbang tipuan kepada konsumen karena hanya menghasilkan kekecewaan semata.”

“Tidak semua perusahaan besar akan selalu sukses dalam membuat produknya. Pasti ada di antara sebagian kecil produknya yang gagal.”

“Produk boleh gagal, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana menghadapi produk yang gagal.”

“Mental dan kepribadian yang kuat, ditambah semangat menjadi lebih baik dan pantang menyerah, merupakan modal yang kuat bagi siapa pun untuk membangun cita-cita.”

“Target itu bagai sebuah mimpi. Bisa juga sebagai janji hati. Dengan target itulah, kita akan jelas menentukan langkah.”

“Kata orang, pasanglah target setinggi mungkin. Dari yang realistis sampai tidak sekalipun. Mimpi harus setinggi langit.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *