Platform Digital Marketing Paling Terpopuler

8 Platform Digital Marketing Paling Terpopuler

Platform Digital Marketing Paling Populer – Teknologi yang makin cepat membuat Anda harus terus siap dengan semua pengubahannya. Tidak kecuali pada perubahan sosial media dan digital marketing yang mengikutnya. Penyempurnaan dan perubahan teknologi selalu terjadi tiap tahunnya. Teknologi yang sudah ada akan makin pandai dan pintar, dan perubahan ini akan mempunyai babak yang paling cepat. Dengan kondisi yang semacam itu, Anda perlu pelajari dan mengikut up-date-nya, hingga Anda bisa manfaatkan perubahan tehnologi untuk marketing bisnis dan produk Anda dengan lebih bagus lagi.

Berdasar data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemakai internet di Indonesia sudah capai 63 juta orang. Angka itu dapat semakin bertambah tiap tahunnya. Bersamaan bertambahnya kelas ekonomi warga, Indonesia saat ini sedang dikuasai oleh angkatan muda yang memahami teknologi. Angkatan ini terlatih cari info mengenai apa saja, service atau produk, lewat jaringan internet.

Bahkan juga, angkatan ini juga tidak enggan habiskan uang mereka dengan belanja online. Tetapi, platform digital marketing apa yang sesungguhnya kerap didatangi oleh para online buyers tersebut? Berikut mesa.my.id merangkum daftar tools digital marketing yang terpopuler di Indonesia.

Platform Digital Marketing Paling Terpopuler

Pemakai internet di Indonesia setiap tahunnya selalu bertambah. Tak heran bila banyak pengusaha yang memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan usaha mereka kepada pengguna internet dengan sangat mudah. Jadi, apa saja platform digital marketing yang sering digunakan oleh pengusaha untuk kegiatan digital marketing bisnis mereka? Simak pembahasannya di bawah ini :

1. Facebook

Facebook merupakan salah satu aplikasi yang memiliki pengguna terbesar dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Banyak dari pengusaha yang memasarkan produk melalui facebook karena jangkauan pasarnya sangat luas. Platform digital marketing yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini dapat berfungsi menjadi sebuah pasar yang menguntungkan untuk para penjual dan pembeli. Bagaimana tidak, sekitar 40% dari pengguna Facebook menggunakan platform ini untuk mencari informasi tentang produk dan rekomendasi produk. Sementara itu, 31% dari pengguna Facebook melakukan keputusan pembelian berdasarkan rekomendasi.

Saat ini sudah ada fitur untuk iklan pada facebook. Anda bisa dengan mudah beriklan di Facebook dengan fitur tersebut. Adanya fitur iklan pada Facebook juga memudahkan para pengusaha untuk memasarkan produknya sesuai dengan target pasar.

2. Youtube

Siapa yang tidak mengenal platform digital marketing yang satu ini? Youtube juga salah satu platform atau aplikasi yang sering diakses banyak orang. Ada yang hanya untuk mencari hiburan, menambah wawasan, membagikan kesenangan, atau bahkan memasarkan produk mereka.

Perlunya keahlian untuk beriklan di youtube, dan Anda tidak bisa sembarangan melakukan iklan tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Buatlah konten yang berkualitas untuk iklan Anda agar bisa menarik para pelanggan atau pengguna youtube untuk mengunjungi produk yang Anda iklankan.

3. Whatsapp

Platform digital marketing ini sekarang sudah memiliki dua tipe yang berbeda, yaitu whatsapp personal dan whatsapp business. Whatsapp business sendiri hampir sama dengan whatsapp biasa, hanya bedanya adalah whatsapp business dibuat untuk Anda yang memiliki usaha. Didalam whatsapp bisnis banyak Fitur-fitur yang disediakan untuk memudahkan para pengusaha mudah dalam melayani pelanggan. Seperti fitur balas cepat yang ditampilkan apabila pelanggan melakukan chat pertama kali kepada Anda. Saat Anda sibuk dengan urusan lain, fitur balas cepat ini akan membantu untuk Anda tetap bisa merespon pelanggan.

4. Instagram

Platform Digital Marketing berikutnya adalah instagram. di Indonesia tools digital ini menempati urutan keempat sebagai negara dengan user instagram terbesar di dunia. Hal itu mendorong para pebisnis untuk membuat promosi usaha melalui media instagram tersebut. Di instagram, iklan yang banyak ditampilkan adalah berupa foto atau video. Di sini, Anda tidak hanya bisa memasarkan produk yang dijual saja, tetapi bisa memperlihatkan video proses dibuatnya produk agar pelanggan bisa lebih percaya.

5. LINE

LINE sebagai platform digital untuk pesan instan, juga telah membuat sebuah kemajuan untuk mendukung para pengusaha yang ingin me marketingkan produk lebih luas lagi. Salah satunya dengan fitur Business contact yang memberikan manfaat untuk memudahkan pengguna LINE dengan penjual berkomunikasi secara real time.

Dan tidak itu saja, dengan menggunakan LINE, Anda bisa dengan mudah melakukan pesan broadcast kepada setiap kontak pelanggan tentang produk yang dijual. Masukkan juga tambahan foto atau gambar yang bisa menarik pelanggan pada produk Anda.

6. Google

Google adalah platform digital marketing untuk mesin pencari terbesar di dunia dengan market share menembus angka 90 persen. Dengan market share yang sangat besar tersebut, Anda dapat mengharapkan jangkauan yang sangat luas dari iklan Anda pada platform ini. Google juga dilengkapi oleh Artificial Intelegence yang sangat maju untuk memastikan iklan yang Anda jalankan dapat menjangkau pemirsa secara efektif. Google memiliki real time biding, dynamic ads, dan automated biding.

7. Twitter

Twitter juga merupakan salah satu platform digital marketing untuk media sosial yang memiliki jumlah pengguna besar yaitu sekitar 140 juta orang. Secara demografis pengguna Twitter berkisar anatara usia 35 hingga 65 tahun. Dengan opsi penargetan yang bervariasi Twitter menjadi pilihan yang menarik bagi para pebisnis yang ingin mempromosikan bisnisnya baik dengan menjalankan iklan digital, seperti misalnya hanya mempromosikan sebuah tweet hanya pada orang yang menunjukan ketertarikan pada hashtag tertentu.

8. Telegram

Platform digital marketing selanjutnya adalah Telegram. Dengan Telegram kamu bisa melakukan cross platform yaitu kamu bisa akses Telegram di banyak device lain dengan platform yang berbeda secara bersamaan. Contohnya, ketika kamu mengakses Telegram di smartphone kemudian kamu mengakses di laptop maka chat yang ada juga akan tetap sama karena Telegram menggunakan konsep cloud-base. Ini sangat memudahkan kamu dalam menjalankan bisnismu secara digital. Jika baterai smartphone mu habis mendadak maka kamu bisa melanjutkan dengan mengakses Telegram lewat komputer tanpa perlu takut kehilangan chat history.

Platform digital digital makin banyak macamnya. Meskipun kamu merasa sudah cocok menggunakan salah satu aplikasi jangan menutup diri untuk mencoba aplikasi Telegram atau platform digital lain. Semakin banyak tools digital marketing yang kamu pakai maka semakin luas jangkauan pemasaran kamu.

Kesimpulan

Delapan platform digital marketing tersebut bisa Anda gunakan sebagai cara untuk melakukan digital marketing. Anda juga bisa melakukan setiap promosi untuk produk atau jasa bisnis Anda melalui banyak platform agar jangkauan pasarnya semakin luas.

Demikian artikel yang membahas 8 Platform Digital Marketing Paling Terpopuler diatas, Semoga bermanfaat dan salam sukses !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *