84 Kalimat Penuh Pelajaran Berharga 7 CEO Terbaik Dunia (bagian 1)

MOTIVASI HEBAT

Dalam dunia bisnis, siapa yang tak kenal dengan Michael Dell (pendiri dan CEO, Dell Computer), Bill Gates (rekan pendiri dan mantan CEO, Microsoft), Lou Gerstner (mantan CEO, IBM), Andy Grove (rekan pendiri dan mantan CEO, Intel), Herb Kelleher (pendiri dan mantan CEO, Southwest Airlines), Sam Walton (pendiri dan mantan CEO, Wal-Mart), dan Jack Welch (mantan CEO, General Electric). Sepak terjang ketujuh CEO dan mantan CEO terbaik dunia ini selalu dinanti-nantikan oleh para pengamat bisnis dari berbagai belahan dunia. Daya tarik mereka pada media begitu besar laksana magnet. Seluruh dunia mengikuti perkembangan bisnis dan semua pencapaian mereka. Di bawah ini akan dipaparkan keyakinan-keyakinan mereka hingga mencapai kesuksesan besar. Selamat menyimak!

(bagian 1) – Michael Dell

“Sejak awal, seluruh bisnis kami – mulai dari desain sampai manufaktur dan penjualan – dipusatkan pada mendengarkan pelanggan.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Mengetahui kebutuhan pelanggan…selalu penting. Namun mungkin lebih penting saat kebutuhan berubah – dan biasanya hal itu terjadi ketika perekonomian memburuk – Anda harus dapat memahaminya lebih baik dibandingkan perusahaan lain” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Kami mengawali perusahaan dengan membangun pesanan pelanggan. Dan yang menarik, kami tidak melakukannya karena melihat adanya paradigma raksasa di masa depan. Pada dasarnya, kami sebenarnya tidak memiliki modal (untuk memproduksi secara massal).” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Sebagai perpanjangan alami kontak pelanggan, model pendekatan langsung membuat kami mampu merasakan gerakan pasar yang kami masuki dan menyediakan teknologi yang tepat untuk pelanggan yang tepat. Model pendekatan langsung telah menjadi tulang punggung perusahaan kami dan alat bantu terpenting bagi pertumbuhannya. Semua itu berkembang dari gagasan dasar menghilangkan perantara.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Kami berbisnis dengan secara dramatis mengurangi biaya distribusi teknologi. Untuk dapat melakukan hal itu, kami akan menjadi semakin dekat dengan para pemasok dan pelanggan kami.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Semua karena keuntungan biaya struktural, yang merupakan akar model bisnis kami dalam hal melakukan distribusi yang lebih efisien. Dengan menghapus agen, perantara, persediaan; maka internet dan semua efisiensi yang susah payah kami upayakan telah ikut memberikan keuntungan selama 12 bulan terakhir.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Intinya, sekarang kami menempati posisi pangsa pasar nomor satu di seluruh dunia. Kami telah melihat tujuh pokok perubahan pada pangsa pasar Amerika Serikat setiap tahunnya. Jadi, sebenarnya, (konsolidasi cepat pasar) telah mempercepat upaya kami menggeser pangsa pasar, yang biasanya butuh waktu sembilan atau sepuluh kuartal menjadi empat kuartal.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Pertama, jika Anda sejenak menjauhkan diri entah dari pendekatan langsung maupun tidak langsung dan hanya memerhatikan cara kerja bisnis… hal ini didasari pada asumsi bahwa Anda tidak sungguh-sungguh mengetahui kapan dan bagaimana cara permintaan akan terjadi.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Kami bertujuan melakukan 100 persen penjualan kami melalui Internet… menurut kami itulah satu-satunya tujuan yang benar bagi kami… jadi kami terus berusaha ke arah itu… Evolusi terjadi dengan beberapa cara. Salah satunya adalah komunikasi dari mesin ke mesin.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Kami telah melangkah dan menciptakan sebuah produk yang, untuk semua tujuan, berteknologi tinggi demi teknologi itu sendiri, bukan teknologi tinggi untuk kepentingan pelanggan. Jika saja kami berkonsultasi dulu dengan para pelanggan tentang apa yang mereka butuhkan… kami takkan mengalami semua kesulitan itu.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Jika bisnis Anda tidak digerakkan oleh pelanggan dan pemasok yang mempunyai lebih banyak informasi dan mampu menggunakannya, kemungkinan besar Anda sudah berada dalam kesulitan. Internet ibarat sebuah senjata yang terletak di atas meja, siap diambil oleh Anda atau pesaing-pesaing Anda.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Mengajari orang-orang teknik yang cerdas untuk berpikir di luar teknologi dan sesuai dengan apa yang benar-benar diinginkan pelanggan – dan apa yang dibutuhkan bisnis yang baik – tidak selalu mudah. Hal itu bisa makan waktu lama, namun cara terbaik melakukannya adalah dengan melibatkan mereka dalam proses pembelian dan dalam strategi serta dasar pemikiran yang digunakan ketika memutuskan hal-hal yang menciptakan nilai bagi pelanggan.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Segmentasi mengambil lingkaran umpan balik yang tertutup dan menjadikannya semakin kecil dan intim. Hal ini melancarkan hubungan kami dengan pelanggan.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

“Pemasaran berawal dari semua pelanggan yang ada di pasar bukannya dari pelanggan yang kita miliki. Bahkan perusahaan yang kuat sekalipun jarang yang mampu menguasai lebih dari 30 persen pangsa pasar. Itu berarti 70 persen pelanggan membeli dari orang lain. Meski begitu, sebagian besar bisnis atau industri tidak lebih memerhatikan 70 persen pelanggan itu dibanding department store.” – Michael Dell, pendiri dan CEO, Dell Computer

Dikutip dari buku “What the BEST CEOs know” karya Jeffrey A. Krames

 By : Motivasi Hebat

Baca juga: 17 Motivasi Pembangun Semangat Memberi dari Buku The Power of Giving

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *