Mesa Digital Andy Grove 84 Kalimat Penuh Pelajaran Berharga 7 CEO Terbaik Dunia (bagian 4)

84 Kalimat Penuh Pelajaran Berharga 7 CEO Terbaik Dunia (bagian 4)

Dalam dunia bisnis, siapa yang tak kenal dengan Michael Dell (pendiri dan CEO, Dell Computer), Bill Gates (rekan pendiri dan mantan CEO, Microsoft), Lou Gerstner (mantan CEO, IBM), Andy Grove (rekan pendiri dan mantan CEO, Intel), Herb Kelleher (pendiri dan mantan CEO, Southwest Airlines), Sam Walton (pendiri dan mantan CEO, Wal-Mart), dan Jack Welch (mantan CEO, General Electric). Sepak terjang ketujuh CEO dan mantan CEO terbaik dunia ini selalu dinanti-nantikan oleh para pengamat bisnis dari berbagai belahan dunia. Daya tarik mereka pada media begitu besar laksana magnet. Seluruh dunia mengikuti perkembangan bisnis dan semua pencapaian mereka. Di bawah ini akan dipaparkan keyakinan-keyakinan mereka hingga mencapai kesuksesan besar. Selamat menyimak!

(bagian 4) – Andy Grove

“Kebanyakan perusahaan mati bukan karena mereka melakukan kesalahan; kebanyakan mati karena tidak berkomitmen. Perusahaan-perusahaan itu menyia-nyiakan momentum dan sumber-sumber berharga mereka saat membuat keputusan. Bahaya yang lebih besar adalah tidak melakukan apapun.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Saya mengakui bahwa semua bisnis, entah bisnis dunia nyata atau dunia maya, saat ini berada di titik pilihan, seperti titik perubahan strategis dan, tergantung pada penerimaan mereka terhadap kedua unsur di atas… Mereka akan harus menulis strategi persaingan baru atau tersingkir.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Saya memiliki sebuah aturan dalam bisnis saya: melihat apa yang bisa terjadi selama sepuluh tahun mendatang, melihat apa yang telah terjadi sepuluh tahun terakhir.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Hakikat perusahaan seperti Intel adalah pelaksanaan dan strategi. Intel, dipandang dari sisi lain, adalah sebuah kursi berkaki tiga. Satu kaki adalah teknologi – teknologi desain dan silikon – kaki yang lain adalah produksi, dan kaki yang ketiga adalah pemasaran. Setiap kali Intel berhasil melakukan sesuatu, hal itu karena ketiga kakinya seimbang. Setiap kali salah satu kakinya lebih pendek dari yang lainnya, kami pun goyah.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Jika melaksanakan strategi yang salah, Anda akan tenggelam. Jika tidak melaksanakan strategi yang benar, Anda tenggelam… Sebenarnya, ada contoh yang sangat bagus: kinerja kami di bidang memori pada tahun ’80-an. Pelaksanaan dan strategi kami salah.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“‘Jika dewan direksi memecat kita, dan mereka mengangkat CEO baru, menurutmu apa yang akan ia lakukan?’ Gordon menjawab tanpa ragu-ragu,’Ia akan mengeluarkan kita dari bisnis memori,’ Saya terpaku menatapnya, kelu, lalu berkata,’Kalau begitu, kenapa kau dan aku tidak keluar dari kantor ini, lalu kembali, dan melakukannya sendiri?'” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Kami telah tersingkir oleh pesaing Jepang kami. Tidak ada pilihan lain bagi kami untuk keluar dari masalah itu… Bisnis andalan perusahaan kami tidak terperosok ke dalam lubang tapi menabrak tembok, dan kami harus mengambil langkah yang sangat besar.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Bagi kami, para manajer senior, dibutuhkan krisis siklus ekonomi dan gambaran kerugian yang sangat besar sebalum kami mampu mengerahkan keberanian yang diperlukan untuk meninggalkan masa lalu kami.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Sesuatu telah berubah, sesuatu yang besar, sesuatu yang penting, meski tidak begitu jelas apa sesuatu itu.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Kita para manajer sering berbicara tentang perubahan, begitu seringnya hingga perubahan menjadi semacam klise manajemen. Namun, titik perubahan strategis bukanlah perubahan biasa. Hal itu seperti arus sungai Tahap VI – arus deras mematikan yang bahkan membuat pengarung jeram professional pun berhati-hati mengarunginya – dibandingkan arus air biasa.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Titik perubahan strategis memberikan janji sekaligus ancaman. Pada saat terjadinya perubahan mendasar seperti itulah klise ‘menyesuaikan diri atau mati’ menunjukkan arti sebenarnya.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Bisnis berkaitan dengan menciptakan perubahan untuk bisnis lainnya. Persaingan berkaitan dengan menciptakan perubahan; teknologi berkaitan dengan menciptakan perubahan… Jadi, kemampuan untuk mengetahui bahwa arah angin sudah berubah dan untuk mengambil tindakan yang diperlukan sebelum Anda mengaramkan perahu Anda sangat penting bagi masa depan sebuah perusahaan.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel”
“Menurut saya, kemampuan Intel mempertahankan kesuksesannya disebabkan oleh sikap waspadanya yang terus-menerus terhadap berbagai ancaman, entah yang berupa perkembangan teknologi ataupun pesaing. Kata paranoid dimaksudkan untuk menyiratkan sikap seperti itu, sikap selalu waspada terhadap ancaman bagi kesuksesan Anda.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Yang terbaik adalah ketika manajemen senior mengenali dan menerima adanya SIP sejak awal serta bertindak sebelum keberlangsungan bisnis tersapu oleh kekuatan ’10x’ lipat yang memengaruhinya.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Tanggung jawab utama seorang manajer adalah selalu menjaga perusahaan dari serangan orang lain dan menanamkan sikap penjaga ini dalam diri orang-orang yang dikelolanya.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Melewati SIP membawa kita menjalani periode kebingungan, percobaan, dan kekacauan, diikuti oleh periode penuh tekad untuk mengikuti arah baru mengejar tujuan yang pada awalnya tidak berbentuk. Hal itu mewajibkan kita mendengarkan para Cassandra, dengan sengaja mendorong terjadinya perdebatan dan terus-menerus menyuarakan arah yang baru, pada awalnya ragu-ragu tapi semakin diulang semakin jelas.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel
“Dilemanya adalah Anda tidak dapat tiba-tiba mulai bereksperimen begitu menyadari Anda sedang berada dalam masalah kecuali sebelumnya Anda selalu bereksperimen. Sudah terlambat untuk bertindak jika keadaan telah mengubah bisnis inti Anda. Idealnya, Anda harus selalu bereksperimen dengan produk, teknologi, jalur distribusi, promosi, dan pelanggan baru.” – Andy Grove, rekan pendiri dan mantan CEO, Intel

Dikutip dari buku “What the BEST CEOs know” karya Jeffrey A. Krames

By : Motivasi Hebat

Baca juga: 84 Kalimat Penuh Pelajaran Berharga 7 CEO Terbaik Dunia (bagian 3)

0 Likes

Author: admin

Mesa Digital adalah blog independen yang membahas secara lengkap tentang Affiliate dan hal-hal menarik lainnya seputar digital marketing.

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *