Apa itu Affiliate Marketing

Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing atau yang lebih dikenal orang dengan affiliate marketing, sudah sangat populer di kalangan masyarakat urban. Tapi mungkin orang awam masih agak asing dengan bisnis ini, walaupun sistem affiliate sudah masuk ke indonesia sejak tahun 2012-an.

Saat ini ada banyak sekali pedagang online Indonesia yang menjalankan bisnis ini karena tidak perlu menciptakan produk sendiri, cukup mudah dilakukan, dan menawarkan banyak potensi keuntungan.

Apa itu Affiliate Marketing? Tunggu dulu, Sebelumnya apakah kalian ingin dapat dan menghasilkan uang kapan saja, dari mana saja – bahkan saat kamu tidur sekalipun?. Apakah bisa? Tentu saja bisa, Kamu bisa mendapatkan passive income dengan menjadi Affiliate Marketer.

Affiliate marketing menjadi salah satu peluang bisnis online yang saat ini mulai banyak orang terjun ke dunia afiliasi. Apa yang mereka inginkan? Tentunya uang, sebab model bisnis ini menjadi passive income bagi sebagian besar orang.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah sebuah proses di mana afiliasi mendapatkan komisi dari memasarkan produk orang lain atau perusahaan. Jadi affiliate marketer mendapatkan uang dari komisi penjualan jika ada yang membeli produk menggunakan kode referral.

Affiliate marketing bisa dikatakan sebagai makelar/perantara namun dalam dunia online. Karena bersifat online, Maka penjualan dilacak melalui tautan afiliasi atau kode referral dari satu situs web ke situs web lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Cara kerja affiliate marketing cukup mudah. Perhatikan gambar dibawah ini:

1. Daftar Program Afiliasi

Sebelum melakukan affiliate marketing, kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke perusahaan/vendor yang menyediakan program afiliasi. Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan terkenal yang melakukan program ini, seperti Bukalapak, BliBli, Tokopedia, atau Tiket.com. ada juga niagahoster.co.id, dewaweb, wbspro.id, kelas1m.co, digitalproductsale.co.id dll.

2. Promosikan Produk

Setelah melakukan proses pendaftaran, kamu mempromosikan produk di blog, youtube atau media sosial lain yang kamu miliki. Jangan lupa untuk mencantumkan kode referral di konten promosi kamu. Kode referral didapat ketika kamu melakukan pendaftaran afiliasi di suatu perusahaan.

3. Orang-Orang Melakukan Pembelian

Kemudian setelah mempromosikan suatu produk, banyak orang (calon klien) yang tertarik dan melakukan pembelian menggunakan kode referral yang kamu promosikan.

4. Dapatkan Komisi

Setelah itu, kamu akan mendapatkan komisi dari perusahaan jika ada orang yang melakukan pembelian melalui kode referral kamu. Masing-masing perusahaan akan memberikan komisi yang berbeda-beda terhadap affiliate marketer. Oleh karena itu, sebelum melakukan pendaftaran jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Apa Kelebihan Melakukan Affiliate Marketing?

1. Proses Mudah

Walaupun masing-masing perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya menerapkan cara kerja affiliate marketing yang sama.

Kamu hanya perlu melakukan pendaftaran di perusahaan penyedia jasa afiliasi, kemudian mempromosikan produk tersebut, dan mendapatkan komisi jika ada yang melakukan pembelian menggunakan kode referral yang kamu promosikan. Mudah bukan?

2. Tidak Memerlukan Biaya yang Besar

Jika kamu melakukan affiliate marketing, kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya karena kamu tidak memerlukan biaya yang besar. Biaya yang kamu butuhkan hanya untuk membayar hosting dan domain jika kamu melakukannya melalui website kamu.

Namun jika kamu menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun (gratis).

3. Tidak Terbatas pada Satu Affiliate Marketing

Saat kamu melakukan affiliate marketing, kamu tidak terbatas untuk mengikuti program afiliasi di beberapa perusahaan. Misalnya kamu belum merasa puas dengan pendapatan kamu dengan mengikuti program afiliasi di Bukalapak, sehingga kamu juga bisa mengikuti program afiliasi di Tokopedia.

4. Bisa Jadi Pendapatan Utama

Affiliate marketing tidak hanya dijadikan pendapatan sampingan, kamu bisa menjadikan affiliate marketing sebagai pendapatan utama kamu. Dari satu postingan yang kamu buat, tidak menutup kemungkinan untuk banyak orang yang akan melakukan pembelian menggunakan kode referral kamu. Tentunya hal ini akan membuat kamu mendapatkan komisi lebih banyak.

Itulah sedikit pengenalan mengenai affiliate marketing.

0 Likes

Author: admin

Mesa Digital adalah blog independen yang membahas secara lengkap tentang Affiliate dan hal-hal menarik lainnya seputar digital marketing.

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *