Mesa Digital Affiliate Marketing Beda Bisnis Reseller, Dropship dan Affiliate Marketing, Mana yang Lebih Menguntungkan ?

Beda Bisnis Reseller, Dropship dan Affiliate Marketing, Mana yang Lebih Menguntungkan ?

perbedaan bisnis reseller, dropship dan affiliate marketing

Perbedaan Bisnis Reseller, Dropship dan Affiliate – Ada 3 bisnis online yang cara kerjanya hampir mirip yaitu bisnis reseller, dropshipper, dan affiliate marketing.

Bagi kalian yang tertarik berbisnis online dengan modal yang masih minim, sangat cocok untuk menjalankan model bisnis online Reseller, Dropship, dan Affiliate ini. Ketiganya sama-sama menjual produk atau jasa milik orang lain. Jadi, kita tidak perlu membuat produk sendiri.

Perbedaan Dari Bisnis Affiliate Marketing, Reseller dan Dropship !

Untuk menghasilkan uang lewat internet, 3 bisnis online ini bisa anda coba. Lalu, Apa Perbedaan Dari Ketiga Bisnis Online Tersebut?

1. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing adalah Bisnis online ini lebih mudah dari reseller dan dropshipper. Dengan bisnis affiliate, Anda tidak perlu punya produk sendiri, tidak perlu stok produk, tidak perlu capek packing barang, & tidak perlu ongkos kirim.

Di Bisnis ini kalian harus mempromosikan produk dari vendor/supplier, kalian harus memiliki link afiliasi yang bisa anda dapatkan setelah mendaftar pada vendor/supplier. Link afiliasi itulah yang harus anda promosikan agar kalian bisa mendapat komisi jika pelanggan membeli produk melalui link afiliasi kalian.

Berikut ini skema dari bisnis online affiliate marketing :

  • Kalian mempromosikan produk dari vendor/supplier
  • Jika ada pelanggan yang mau membeli, pelanggan tersebut tidak order lewat kalian, tetapi langsung mengunjungi website/aplikasi dari vendor/supplier
  • Vendor/Supplier mengirim produk ke pelanggan
  • Kalian akan mendapatkan komisi jika pelanggan membeli produk lewat link afiliasi yang sudah anda promosikan sebelumnya

Kelemahan dari Bisnis Affiliate Marketing :

  • Kalian harus mendaftar terlebih dahulu ke supplier untuk mengambil link afiliasi agar kalian bisa mendapat komisi jika ada pelanggan yang membeli produk lewat link afiliasi yang anda promosikan.
  • Orang dapat menghapus link afiliasi kalian jika mereka sadar bahwa link yang tertera adalah link afiliasi, sehingga mereka akan membeli produk langsung ke toko/supplier tanpa melalui link afiliasi kalian.

Bisnis affiliate ini yang sangat direkomendasikan untuk Anda mulai dari sekarang.

2. Bisnis Online Reseller

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari sebuah toko atau supplier kepada pelanggan, tetapi orang tersebut harus menyetok produk terlebih dahulu.

Ya untuk menjadi reseller Anda diharuskan untuk membeli produknya terlebih dahulu dari supplier atau distributor. Setelah itu, baru Anda bisa menjualnya kembali.

Berikut ini skema dari bisnis online reseller :

– Reseller harus membeli produk terlebih dahulu ke toko/supplier
– Reseller memajang/posting produk yang dijual
– Pelanggan melihat produk dan membeli produk
– Reseller mengirim produk ke pelanggan

Kelemahan dari Bisnis Online Reseller :

– Pilihan terbatas, karena barang yang bisa anda sediakan bergantung dengan modal yang anda punya. Jika kalian hanya memiliki modal 1 juta, berarti anda hanya bisa membeli barang senilai 1 juta saja.
– Kalian harus packing barang dan mengirim barang ke pelangan.

3. Bisnis Online Dropship

Untuk berbisnis dropship atau menjadi dropshipper Anda tidak perlu membeli produknya terlebih dahulu. Tugas dropshipper hanyalah jualan dan promosi produk saja ke calon konsumen. Ketika ada penjualan,

Anda akan mendapatkan komisi. Jadi Dropship adalah orang yang menjual produk dari sebuah toko/supplier kepada pelanggan tanpa harus menyetok produk.

Jadi, jika seorang dropshipper mendapatkan orderan, maka orderan dan detail pengiriman barang tersebut akan diteruskan kepada toko/supplier yang kalian jual barangnya.

Berikut ini skema dari bisnis online dropship :

– Dropshipper meminjam foto produk dari sebuah toko/supplier untuk diposting di marketplace atau media sosial
– Pelanggan melihat produk dan mau membeli produk
– Dropshipper membayar produk terlebih dahulu ke toko/supplier
– Supplier mengirim produk ke pelanggan menggunakan detail pengiriman dari dropshipper

Berdasarkan skema diatas, bisa disimpulkan bahwa perbedaan antara reseller dan dropship terletak pada penyetokan produk. Seorang reseller harus menyetok produk terlebih dahulu, sedangkan seorang dropshipper tidak perlu menyetok produk terlebih dahulu.

Kelemahan dari Bisnis Online Dropship :

– Tidak semua supplier menyukai model dropship.
– Jika suppliernya nakal, supplier bisa mengirim produk ke pelanggan menggunakan nama toko dari supplier, bukan nama toko dari dropshipper. Oleh karena itu, kalian harus memilih supplier dropship yang bagus, profesional, dan mau mengerjakan dropship.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, bisa disimpulkan bahwa perbedaan antara Reseller, Dropship, dan Affiliate adalah:

  • Seorang reseller harus menyetok produk terlebih dahulu agar bisa mendapatkan penghasilan.
  • Seorang dropshipper tidak perlu menyetok produk, tetapi hanya perlu mempromosikan gambar dari supplier.
  • Untuk mendapatkan komisi dari bisnis affiliate, kalian tidak perlu menyetok barang, tetapi harus mempromosikan link afiliasi agar pelanggan membeli produk lewat link afiliasi yang kalian promosikan.

Jadi, mana yang lebih menguntungkan antara Bisnis Affiliate, Dropship, atau Reseller ?

Jawabnya tergantung minat dan kesukaan anda. Bisnis affiliate cocok untuk anda yang tidak ‘alergi’ terhadap perkembangan teknologi Internet, anda akan banyak berhadapan dengan pembuatan website dan pemasaran. Bisnis dropship cocok untuk anda yang memiliki modal terbatas, sementara bisnis reselling cocok untuk anda yang sudah yakin akan potensi produk tertentu dan senang memasarkannya.

Jika anda suka berinteraksi dengan orang, maka Dropship dan Reseller mungkin baik untuk anda. Namun jika anda kurang menyukai berinteraksi dengan orang, affiliate bisa dijadikan salah satu jalan. Jika anda harus memiliki kepastian akan barang yang anda jual, reseller mungkin tepat, karena anda harus stok barang,

Namun apapun bisnisnya, jika ada semangat untuk menjalankannya, saya yakin anda akan menikmati kesuksesan di kemudian kelak. Jadi, Apa pilihan anda ? tentukan dan aktion sekarang ya..

1 Likes

Author: admin

Mesa Digital adalah blog independen yang membahas secara lengkap tentang Affiliate dan hal-hal menarik lainnya seputar digital marketing.

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *