Belajar Bisnis CPA

Belajar Bisnis CPA (Cost per Action) Indonesia

Belajar Bisnis CPA – Bila situs website Anda mempunyai banyak pengunjung, maka inilah saatnya untuk menghasilkan banyak keuntungan dari situs web Anda. Anda dapat mencoba menggunakan Pemasaran “Cost Per Action” untuk menghasilkan uang secara online.

Bisa jadi bagi kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan istilah CPA (cost per action), terutama bagi internet marketer. Cost per action adalah istilah yang sering digunakan di bidang periklanan digital.

Menjalankan bisnis CPA bisa dikatakan sangat menguntungkan, dan Anda bisa menghemat modal untuk menjalankannya. Padahal, jika Anda menerapkan strategi yang tepat, Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari bisnis ini.

Apa itu Bisnis CPA (Cost Per Action) ?

Cost per Action atau lebih sering dikenal dengan sebutan CPA adalah salah satu jenis bisnis digital yang paling banyak diminati oleh para pebisnis online. Di Indonesia sendiri tidak banyak yang tahu tentang progam ini karena memang banyak dirahasiakan oleh para Internet Marketer di dunia.

Cost per operation atau disingkat CPA adalah bentuk turunan dari model affiliate marketing, di mana penerbit akan menerima komisi saat pengguna melakukan suatu tindakan (perilaku).

Bisnis CPA (Cost per Action) adalah bisnis yang sederhana. Untuk mendapatkan komisi, anda tidak harus repot-repot menjual produk orang lain, namun cukup melakukan action dan anda dibayar setiap melakukan action tersebut. Misalnya Anda membuat banner iklan di blog yang mengarahkan konsumen ke sebuah form,kemudian Konsumen melakukan Action dengan mengisi beberapa form tersebut. Setelah selesai  melakukan pendaftaran, anda mendapatkan komisi. Intinya, anda hanya membujuk orang dan dibayar untuk setiap melakukan action.

Dalam pemasaran Bisnis CPA, Anda harus memahami beberapa istilah. Berikut beberapa istilah ini:

  1. Penerbit: Seseorang yang mempromosikan merek, produk, atau bisnis di situs web mereka (Publisher)
  2. Pengiklan: Perusahaan atau pemilik bisnis yang membutuhkan kemitraan CPA untuk mempromosikan produk atau bisnisnya.
  3. CPA Network: Sebuah platform yang dapat menampung atau mempertemukan penerbit dan pengiklan
  4. Keanggotaan/Affiliate Manager (AM): Orang yang bertanggung jawab untuk memandu penerbit menjalankan bisnis CPA.
  5. Komisi: Untung dari beriklan di situs yang diterima oleh penerbit
  6. Action: Tindakan yang diambil oleh pengguna pada halaman target pengiklan, seperti mengisi formulir, mengunduh, menginstal, mengirimkan email, atau melakukan pembelian.

Cara Kerja Bisnis CPA (Cost per Action)

Bagaimanakah cara kerja bisnis marketing CPA. Kenyataannya, bisnis CPA hampir serupa dengan gagasan affiliate marketing. Ini karena marketing CPA merupakan produk turunan dari affiliate marketing. Tetapi, untuk kepastian selanjutnya, berikut deskripsi yang lebih komplet mengenai langkah kerja marketing CPA :

Misalkan, perusahaan pengembang games ingin gamenya itu didownload sekitar 1.000.000 kali. Perusahaan sebagai advertiser memakai mode advertensi CPA untuk advertensi. Di sini, advertiser akan bayar jaringan CPA untuk capai target 1.000.000 unduh barusan.

Di lain sisi, setiap games didownload lewat link afiliasinya, jaringan CPA yang dipilih akan membagi komisi advertensi penerbit anggota jaringan CPA ke perusahaan advertensi yang sediakan servicenya.

Anda harus tercatat lebih dulu sebagai penerbit/publisher di jaringan CPA. Nanti, Anda akan memperoleh link atau spanduk punya pemasang iklan untuk Anda taruh di web. Pengunjung yang mengeklik link itu akan ditujukan ke halaman website advertiser. Bila pengunjung bertindak yang dibutuhkan, seperti isi formulir registrasi, Anda akan terima komisi.

Anda (penerbit) menempatkan link di web → pengunjung mengeklik link → pengunjung ditujukan ke halaman advertiser → pengunjung isi formulir registrasi → Anda mendapatkan komisi.

Anda akan terima komisi dari program games barusan, yang didownload pengunjung ke websitenya. Di saat yang serupa, owner games itu memperoleh keuntungan dari jumlahnya lawatan ke situs Anda. Win-win solution, kan?

Mengapa Harus Mendaftar di Situs CPA ?

Sebenarnya, situs CPA (Cost per Action) tersebut membutuhkan semacam feedback dari pengunjung agar mau membeli produk/jasanya (Promosi). Sehingga situs CPA (Cost per Action) tersebut membutuhkan data para pengunjung untuk di follow up berikutnya. Namun agar lebih menarik, situs tersebut biasanya memberikan sesuatu yang menarik kepada para pengunjungnya asalkan dia mau mengisikan form pendaftaran tersebut. Jadi, siapa coba yang tertarik?
Bayaran pun cukup besar antara $ 0,25 – $ $3 per member sign up.

Tapi, kendala terbesar ketika mendaftar CPA (Cost per Action) adalah saat-saat ketika akan ditelepon ataupun menelepon pihak CPA. Alasan utama biasanya karena bahasa inggris yg kurang begitu kita kuasai, grogi dan gugup. Meskipun ada juga beberapa website CPA yang hanya menggunakan mesin untuk menelpon anda dan memberitahukan kode verifikasi.

Nah salah satu program bisnis CPA (Cost per Action) lokal adalah Acces Trade.

Access Trade adalah salah satu afiliasi marketing online terbesar di Jepang yang berdiri sejak tahun 1999. Sistim ini mengajak pihak ketiga yaitu pemilik situs seperti website, blog, social media atau lainnya untuk memperoleh kesempatan mempromosikan / bahkan menjual produk yang sesuai dengan konten / isi akun yang dimilikinya.

Access Trade memakai sistem Cost Per Action (CPA) dimana merupakan sistem kerjasama yang paling aman dan efisien dalam mengiklankan atau mempromosikan produk. Dengan bergabung bersama sistem ini anda akan menemukan cara kerja yang efisien dalam mendapatkan data konsumen / pelanggan yang detail sekaligus potensial untuk mencapai target yang diinginkan. Tujuan kami adalah, mengembangkan bisnis dan profit para partner kami, sekaligus menjadi afiliasi bisnis utama anda.

Oke, dari pada kelamaan lebih baik langsung action saja, kunjungi situsnya di accesstrade.co.id

Demikian artikel tentang Belajar Bisnis CPA (Cost per Action) Indonesia diatas, Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *