Cara Jualan Produk Digital

Cara Jualan Produk Digital dengan Mudah

Cara Jualan Produk Digital – Jualan produk digital mempunyai daya magnetnya sendiri diperbandingkan berjualan produk fisik. Anda tak perlu cemas mengenai penyimpanan produk, pengantaran pesanan, atau pengurusan pengembalian karena semua diatur lewat cara online.

Apa itu Produk Digital

Pengertian Produk digital atau e-produk adalah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya berbentuk elektronik yang biasanya diperjual-belikan secara online melalui media internet. Produk digital disimpan, dikirim dan dipergunakan oleh format elektronik serta bentuk jual-belinya melalui pemasaran digital. aplikasi, perangkat lunak, game online, tiket elektronik dan masih sangat banyak.

Produk digital saat ini perkembangannya semakin pesat seiring dengan efisiensi dan kepraktisannya bagi konsumen. Misalnya, e-book bisa menggantikan buku konvensional yang masih menggunakan bahan kertas untuk memproduksinya dimana bahan dari kertas adalah kayu yang diambil dari pohon-pohon di muka bumi yang dalam jangka panjang akan membuat pohon-pohon semakin habis pemanasan global. (wikipedia)

Walau asumsinya kemungkinan terlihat sederhana dan menarik, ada banyak rintangan unik yang penting Anda hadapi bila merencanakan untuk jualan produk digital sendiri. Untuk memberikan Anda dorongan menuju yang benar, kami akan berbagi panduan cara pelajari beberapa produk digital yang kemungkinan Anda jual lewat cara online, dan menerangkan beberapa perbedaan khusus di antara jualan produk digital dan produk fisik.

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan strategi terbaik untuk berjualan barang digital dan memperlihatkan tempat terbaik untuk jualan produk digital dan unduhan digital.

Produk Digital yang Bisa Dijual Online di Internet?

Kunci keberhasilan untuk bisnis apa saja ialah baru dan unik, dan membuat Anda berbeda dari kompetitor. Dengan produk digital yang Anda putuskan untuk dipasarkan dan tidak ada ketidaksamaan. Anda harus coba dan mendapatkan produk yang penuhi ceruk yang sekarang ini terlayani.

Meski begitu, umumnya ada beberapa kategori di mana produk Anda condong jatuh. Pahami kategori ini dan siapa publik luasnya yang akan memberitahukan cara membuat pesan marketing yang efisien dan di mana Anda menjualnya. Bila Anda serius mau berbisnis produk digital, berikut beberapa barang digital yang bisa Anda jual;

1. eBook (Buku Elektronik)

Pemasaran eBook laris 2x lipat di antara tahun 2015 dan 2021, dan penerbitan online masih jadi salah satunya usaha digital online yang paling memberikan keuntungan. Manfaatkan pengurangan jumlah cetak dan kenaikan penerbitan sendiri, industri ini diprediksi meningkat sekitar $18 miliar tiap tahun.

Ada beberapa cara untuk memperoleh uang dari jualan eBook, dari menulis sendiri atau bertindak selaku editor untuk penulis lain, sampai memulai platform untuk membuat eBook atau bahkan juga menghasilkan versi audio.

Bila Anda berminat untuk menulis eBook, jenis terlaris yang bisa Anda pikirkan meliputi:

  • Fiksi. Romansa, thriller, dan fiksi dewasa muda benar-benar laku di internet.
  • Kesehatan. Tutorial latihan yang mengikut trend kesehatan terbaru selalu terkenal.
  • Kerajinan tangan. Gagasan mengenai beberapa hal untuk dilaksanakan dan dibikin di seputar rumah kerap kali disukai.
  • Keuangan pribadi. Karena orang selalu mengharap menabung, ini ialah topik hangat.
  • Self-help. Terlebih bila Anda mempunyai ketrampilan di bagian ini, ini menjadi pembikin uang riil.

2. Pelatihan online (Ecourse)

Jual pelatihan online sebagai seminar online atau unduhan digital bukan opsi tunai cepat. Karena tipe produk digital ini memerlukan waktu yang lama untuk dipersiapkan, memerlukan ketrampilan riil untuk dilakukan secara benar, dan relatif lamban untuk hasilkan pendapatan, seharusnya cuma dijalankan bila Anda tertarik dengan yang ingin Anda ajarkan.

Kabarnya, ini ialah bidang yang bakal bernilai kira-kira $325 miliar pada tahun 2025, yang memiliki arti jika Anda bisa membuat lajur yang kuat dan meluangkan waktu untuk membuatnya bekerja, ada uang riil yang bakal dibuat dalam periode panjang.

Niche memberikan keuntungan untuk pelatihan online seperti berikut ini:

  • Seni dan Design. Ini benar-benar bermanfaat untuk memakai alat seperti Sketch atau Figma.
  • Pengodean. Ada beberapa keinginan akan ketrampilan peningkatan.
  • Marketing. Beri perhatian khusus pada SEO, sosial media, dan internet marketing.
  • Kewiraswastaan dan bisnis. Ajari mereka cara jalankan perusahaan.
  • Kesehatan dan kebugaran. Ada di sana untuk memberikan dukungan mereka dan menggerakkan pola hidup yang lebih sehat.

3. Software as a Servis (SaaS)

Bila Anda mempunyai pengalaman pengkodean atau bujet untuk mempekerjakan pengembang dan sudah menyaksikan celah di pasar untuk jalan keluar perangkat lunak untuk permasalahan yang ditemui beberapa orang, perangkat lunak memonetisasi menjadi dasar yang baik untuk perusahaan.

SaaS bisa dipasarkan sebagai barang jualan produk digital anda atau sebagai service abonemen online. Dalam beberapa kasus, konsumen setia Anda lebih condong jadi pemilik bisnis dibanding customer akhir, jadi Anda harus pastikan untuk arahkan marketing Anda dengan tepat.

Contoh bagus dari service SaaS mencakup:

  • Tool management project. Platform seperti Asana atau Monday penting untuk jalankan beberapa perusahaan terbesar di dunia.
  • Tool marketing e-mail. Beberapa orang ada di belakang MailChimp dahulu sama dengan Anda; mereka punyai gagasan dan tidak percaya apa itu akan sukses.
  • Pelatihan online. Ini hanya langkah lain supaya evaluasi online bisa dimonetisasi. Membuat basis untuk pelajaran bisa sama menguntungkannya dengan membuat pelajaran tersebut.
  • Penyimpanan file. Service seperti Dropbox hasilkan juta-an cukup dengan tawarkan langkah efisien untuk simpan dan share file dan content di cloud.

4. Kreasi Seni atau Musik

Ada beberapa cara berbeda untuk mulai jualan produk digital jenis musik, photografi, seni, dan video Anda lewat cara online. Anda bisa menjualnya ke konsumen akhir yang mengidamkannya untuk dipakai sendiri, atau Anda bisa melisensikannya untuk pemakaian komersil.

Anda tentu pernah dengar mengenai stok fotografi, tapi realitanya ada keinginan komersil untuk segalanya dimulai dari photo dan musik sampai video dan dampak suara.Walau jual ke pemakai perseorangan dapat memberikan keuntungan, jual lisensi komersil menjadi langkah Anda hasilkan uang.

Bila Anda berminat untuk jual lisensi ke pekerjaan Anda, sasaran audience Anda kemungkinan termasuk:

  • Pemasar. Beberapa orang ini kerap cari photo stock untuk dipakai dalam iklan.
  • Pemuat film. Produser film selalu memerlukan musik dan dampak suara untuk project mereka.
  • Podcaster. Beberapa orang ini memerlukan musik topik, musik situasi hati, atau dampak suara.
  • Developer situs. Content simpel untuk website baru kerap kali sesuai permohonan.

5. Theme, Template, Plugin, atau Tool

Seluruh orang yang online cari solusi pembaruan cepat atau siap gunakan untuk permasalahan yang mereka punyai. Anda dapat memperoleh keuntungan dengan jadi orang yang menyediakannya.

Jualan produk digital jenis Theme dan template untuk document, website, atau grafik bisa hasilkan ribuan dolar untuk penciptanya. Sementara itu, permintaan buat pola, logo, wallpaper, dan kuas masih tinggi.

Anda bisa membuat produk ini untuk diri kita sendiri bila Anda mempunyai ketrampilan atau beli hak atas kreativitas orang lain untuk menjualnya. Berikut contoh-contoh produk digital yang kemungkinan bisa Anda jual dalam ceruk ini termasuk:

  • Template resume. Ini bermanfaat untuk pencari pekerjaan yang tidak mempunyai ketrampilan design.
  • Template website. Template benar-benar pas buat mereka yang tidak mempunyai ketrampilan design situs.
  • Kit UX. Paket kit untuk menolong perancang situs meningkatkan alat mereka.
  • Font dan simbol. Kenapa tidak membuat performa baru untuk pendesain?
  • Plugin After Effects. Anda dapat meluaskan kekuatan editor video.

6. Keanggotaan/Membership

Walau bukan produk itu sendiri, jualan produk digital dengan tawarkan program keanggotaan (membership) atau menyimpan beberapa content premium dibalik paywall menjadi langkah yang efisien untuk memonetisasi content, manfaatkan pengikut yang ada, dan tingkatkan usaha marketing digital Anda lainnya.

Selain tawarkan download digital, mempunyai model berlangganan memiliki arti Anda dapat menyalurkan content ke pengguna berbayar. Tipe content dan produk digital yang bekerja sangat baik dengan model ini mencakup:

  • Pelatihan online. Terlebih bila ada pelatihan yang diperpanjang, tawarkan kelas pertama dengan gratis, maka minta pembayaran untuk kelas seterusnya benar-benar efektif.
  • Content video. Dengan tersedianya service streaming yang luas, content Anda harus jadi yang terbaik. Tetapi, bila Anda bisa mendapati ceruk dan audience yang pas, ini adalah pasar yang baik.
  • Podcast. Banyak podcaster paling berhasil bikin beberapa acara gratis, tapi menyimpan yang lainnya untuk pemakai premium. Pendengar podcast benar-benar nyaman bayar untuk content premium.
  • eBook. Membuat pembaca terpikat pada beberapa bab pertama dari sebuah buku, selanjutnya minta mereka bayar untuk membaca lebih banyak ialah langkah yang sudah dicoba dan terbukti untuk mengganti eBook jadi content freemium.
  • Produk SaaS. Bila Anda jual produk perangkat lunak, betul-betul bisa diterima untuk tawarkan program keanggotaan untuk penggunaan umum, atau feature premium yang cuman dibuka saat pemakai memilih untuk membayar.

7. Video

Video adalah format yang populer dan efesie untuk menyampaikan informasi secara online. bila diperhatikan saat ini konten video dapat bersifat mendidik, informatif, atau menghibur. Secara signifikan tentunya lebih menarik daripada teks, dan dapat dengan mudah dikonsumsi dengan mengklik tombol putar dan menonton. Ada banyak orang menyenangi video, dan dalam banyak kasus senang untuk membayarnya sehingga ini merupakan peluang bisnis bagi Anda untuk jualan produk digital. .

Bagaimana Cara Jualan Produk Digital dengan Mudah di Internet?

Bila Anda udah memastikan ingin jualan produk digital tertentu, atau telah menggunakan info di atas untuk mulai pikirkan apa yang bakal dipasarkan di toko online Anda. Seterusnya, pendekatan Anda untuk pasarkan dan jual unduhan dari produk digital Anda dapat menentukan keberhasilan Anda.

Di sini, kami akan memaparkan beberapa hal yang penting diperhitungkan saat pasarkan dan jualan produk digital untuk pertamanya kali. Dalam perkembanganya menjual produk secara online kini juga merambah ke bentuk digital. Agar maksimal dalam menjual produk digital, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Tips agar maksimal dalam menjual produk digital;

Produk Digital vs Produk Fisik

Pertama, sebaiknya menggambarkan bagaimana cara menjual unduhan digital dan produk akan berlainan dari yang fisik. Ada banyak faedah dan kekurangan relatif dari jualan produk digital atau unduhan digital dibandingkan produk fisik. Bila Anda biasa dengan retail tradisionil, ini kemungkinan sebagai kurva pembelajaran yang membuat diri Anda sendiri di ruang digital.

Kelebihan Jualan Produk Digital:

  • Stock tak terbatas. Karena Anda berhubungan dengan produk digital yang bisa direplikasi tanpa batasan, Anda tak akan kekurangan inventaris.
  • Tak perlu gudang. Kecuali ruangan hosting untuk simpan file Anda lewat cara online, Anda tak perlu cemas mengenai ruangan penyimpanan atau cost.
  • Tidak ada batas atau ongkos pengangkutan/pengiriman. Baik Anda atau konsumen setia Anda tak perlu bayar ongkos pengangkutan/pengiriman, dan produk Anda bisa ada dimanapun dalam dunia.
  • Margin keuntungan semakin besar. Terkecuali untuk ongkos awalnya peningkatan produk Anda, nyaris tidak ada ongkos per unit untuk produk digital, yang memiliki arti nyaris semua ialah keuntungan.

Kekurangan Jualan Produk Digital:

  • Tidak berbentuk. Sementara customer lebih terbiasa beli produk digital, produk fisik mempunyai daya tarik yang pasti dan pemilikan yang lebih jelas.
  • Nilai kurang jelas. Karena tidak ada detail fisik untuk diterangkan, kemungkinan lebih menantang untuk mengomunikasikan nilai bawaan produk digital.
  • Lebih susah untuk dijual. Karena beberapa poin yang disebut sebelumnya, ada tantangan unik, tapi tidak bisa ditangani, dalam soal perpesanan mengenai produk digital.

Langkah – Langkah Cara Menjual Produk Digital di Internet

Tiap produk mempunyai harga jual unik yang perlu Anda menjadikan fokus perhatian dalam perpesanan Anda. Tetapi, ada langkah-langkah umum yang perlu Diambil bila Anda mengharap sukses saat jual barang digital.

1. Tetapkan Niche dan Sasaran Pasar

Ini kemungkinan kedengar panduan dasar mengenai ritel, tapi seperti produk fisik, Anda harus pastikan ada keinginan yang sehat dan audience yang siap untuk jual produk digital Anda.

Barang digital berbeda sama barang fisik di mata customer: konsumen menunggu hasil pemakaian produk, bukan miliknya. Itu beberapa kenapa penting jika produk digital Anda penuhi kebutuhan pasar dan menuntaskan permasalahan tertentu. Bila terlalu serupa dengan produk yang telah ada atau terlalu baru dan terputus dari kebutuhan customer, tidak bakal ada permintaan.

Saat mendapati ceruk pasar Anda, tanya pada diri Anda:

  • Keperluan atau masalah khusus apa yang dipecahkan oleh produk Anda?
  • Apa keinginan di ceruk pasar Anda tumbuh, berkurang, atau masih sama?
  • Produk lain apa yang isi ceruknya yang serupa atau sama?
  • Bagaimana Anda akan membandingkan produk Anda dari produk sama yang lain?

2. Tentukan Channel Pemasaran yang Paling Efisien

Sesudah Anda ketahui apa produk Anda nanti dan ceruk pasar mana yang bakal Anda bidik, Anda harus mempunyai ide yang bagus mengenai siapa sasaran audience Anda.

Dengan mengingat ini, saat ini waktunya Anda memandang saluran marketing yang mana paling efektif untuk mencapai audience spesifik Anda. Kerjakan riset untuk cari tahu basis yang mana diminati audience Anda, dan pesan yang mana paling efisien buat mereka.

Optimisasi search engine (mesin pencari)

Bila Anda mempunyai website sendiri, jadi tidak ada salahnya Anda masukkan SEO ke strategi marketing Anda. Karena kekalahan 80% dari lalu lintas situs berawal dari mesin pencari, sangat sayang bila tidak manfaatkan saluran ini.

Tetapi, lihat kalau SEO memerlukan waktu untuk mulai memperlihatkan hasil. Bila Anda inginkan peluncuran produk yang cepat, Anda barangkali perlu memercayakan saluran marketing alternative, minimal sebelumnya.

Memakai web builder dan platform eCommerce seperti Magento, Zyro, Wix, WordPress atau Opencart bukan hanya akan memberikan Anda tempat yang baik untuk jualan produk digital, tapi juga memberikan Anda peluang untuk mengawali SEO.

Dengan theme atau template yang dimaksimalkan dan responsive, pemuatan cepat, dan kontribusi AI dalam membuat content yang ramah penelusuran, Anda bisa membuat bisnis eCommerce jualan produk digital yang memberikan keuntungan dengan cepat.

Marketing di Sosial Media

Sejumlah besar demografi akan mempunyai platform sosial media yang diminati, jadi cari tahu di mana sasaran pasar Anda berkumpul dan menyiarkan iklan yang disamakan di platform itu ialah strategi yang efisien untuk sejumlah besar bisnis yang ingin jual lewat cara online.

Dengan memakai platform eCommerce seperti Magento, Wix, Zyro, wordpress atau Opencart, Anda bisa membuat, menarget, mencari, dan memaksimalkan iklan di platform seperti Facebook, Instagram, dan Pinterest.

Kerjasama Influencer dan Blogger

Tergantung pada pasar yang Anda bidik, Anda kemungkinan menemukan jika personalitas online yang punya pengaruh bisa digunakan untuk menyalurkan lalu lintas ke produk digital Anda.

Kunci untuk menemukan influencer atau blogger yang pas untuk mempromokan barang Anda ialah menyamakan dengan audience yang pas dan menemukan partner yang awalnya sudah membuat content berkaitan dengan tipe produk yang Anda pasarkan. Ini kemungkinan bukan pendekatan yang pas untuk semua bisnis, terlebih bila Anda jual B2B (Bisnis To Bisnis).

Iklan online

Selain menyiarkan iklan di sosial media, cara jualan produk digital Anda harus menimbang pemakaian jaringan iklan untuk tingkatkan jangkauan dan menarget audience Anda di semua situs.

Opsi yang pasti ialah bekerja dengan Google Ads, yang mempunyai jangkauan terluas ke customer di semua internet. Pembuat website tertentu (termasuk Wix, Magento, Opencart, wordpress atau Zyro) memungkinkan Anda membuat dan menarget iklan dengan Google dengan mudah dan cepat.

3. Pasarkan Model ‘Freemium’

Pasti, Anda mempunyai produk untuk dipasarkan dan ingin memperoleh keuntungan atas investasi Anda dengan menciptakan pemasaran dari konsumen setia yang membayar. Tetapi, bila Anda jualan produk digital, tawarkan versi gratisNYA, uji coba gratis, atau sampel free produk Anda ialah cara yang efisien untuk menggerakkan penjualan.

Sejumlah besar penyuplai content yang memakai model ini akan tawarkan beberapa content gratis sebagai iming-iming untuk mendaftarkan dan bermain, dan membayar.

Ada beberapa langkah di mana model freemium bisa digunakan untuk membantu menarik konsumen setia ke merk barang digital Anda:

  • Penjual eBook bisa tawarkan buku gratis atau bab sampel
  • Perusahaan SaaS bisa mengeluarkan versi gratis dari perangkat lunak mereka dengan feature terbatas
  • Pelatihan online bisa tawarkan kelas uji coba
  • Aktris, musikus, podcaster, dan pembikin content yang lain bisa membagi beberapa dari kreasinya dengan gratis, dan meminta sisanya

Keelokan dari model freemium ialah jika pemakai yang menggunakan ‘penawaran bagus’ bisa melakukan investasi dalam content atau produk Anda tanpa lakukan pembelian, membuat mereka condong membayar untuk akses selanjutnya.

4. Pasarkan Bermacam Metode Pembayaran

Serupa dengan tawarkan content freemium, membuat mekanisme pembayaran bertahap menjadi sistem yang efisien untuk meluaskan pangkalan konsumen setia Anda dan menggerakkan rutinitas berulang-ulang. Sebagian besar perusahaan akan mempunyai produk khusus yang menyumbangkan sejumlah besar pemasaran mereka.

Tetapi, bila produk pokok Anda mempunyai harga yang relatif tinggi, Anda bisa menimbang untuk melaunching versi stripped-down pada harga yang lebih murah, atau produk tambahan yang lebih murah. Ini efisien dalam dua cara khusus:

  • Konsumen setia yang tidak bisa atau tidak ingin melakukan investasi pada produk utama masih bisa lakukan pembelian dari merk Anda, hingga mereka lebih condong beli item ticket yang semakin besar kelak.
  • Konsumen setia yang awalnya sudah beli produk pokok Anda akan mempunyai argumen untuk lakukan pembelian selanjutnya dari perusahaan Anda.

5. Optimalkan Website atau Profile untuk Tingkatkan Konversi

Pastikan Anda memakai saluran marketing dan perpesanan yang pas hanya 1/2 dari pertarungan dalam meyakinkan pengguna untuk membeli barang digital. Anda perlu memaksimalkan pengalaman pengguna untuk menggerakkan pengunjung situs atau profile Anda melaksanakan pembelian.

Bila Anda memilih untuk jualan di website dan toko online Anda sendiri, Anda akan mempunyai kendalian terbesar. Bahasa yang menggerakkan konversi, tata letak yang gampang dinavigasi, dan tombol ajakan melakukan tindakan yang ditempatkan secara vital akan memastikan tingkat konversi Anda tinggi.

Basis eCommerce seperti Magento, Wix, Zyro, WordPress atau Opencart akan membantu memaksimalkan website Anda dengan memberikan Anda wacana lalu lintas dengan alat seperti Google Analytics, dan tawarkan riset halaman dengan alat seperti peta panas Hotjar untuk membantu Anda mengerti bagaimana sikap pengunjung.

Bila Anda memakai platform pihak ke-3 untuk jualan produk digital Anda, Anda akan mempunyai lebih sedikit pilihan optimalisasi.

Tetapi, Anda harus tetap coba dan pastikan jika profile Anda dimaksimalkan dengan keyword, branding Anda menarik, dan pesan Anda menggerakkan pembelian.

6. Beri Penghargaan untuk Pelanggan Setia

Berikan Reward untuk semua pelaku bisnis yaitu konsumen setia yang balik lagi dan kembali untuk lakukan pembelian. Costnya lebih murah untuk mengonversi konsumen setia lama dibanding yang baru, jadi Anda selalu harus memerhatikan kesempatan untuk meningkatkan argumen konsumen setia datang kembali dengan :

  • Launching content atau penyempurnaan baru secara teratur. Dengan mempunyai produk baru untuk dibeli yang menawarkan content / feature baru atau pembaruan pada produk yang telah ada akan menggerakkan pembelian selanjutnya.
  • Jaga keterkaitan konsumen setia sebelumnya. Kumpulkan detil contact, tersambung di sosial media, dan dengan teratur berpesan ke konsumen setia sebelumnya akan terbayarkan dalam jangka panjang.
  • Upsell pada produk pokok. Bila Anda mempunyai lebih satu produk, yakinkan untuk mempromokan produk Anda lainnya, permudah penambahan produk tambahan saat pembayaran, dan kontak purnajual konsumen setia untuk memberitahu mereka mengenai katalog Anda.
  • Jual berlangganan. Kita sudah mengulas kenapa mode keanggotaan dan berlangganan efektif. Ini memastikan rutinitas berulang-ulang dan aliran penghasilan yang bisa diprediksikan.

7. Berikan Penawaran Spesial

Misalnya Anda menjual kursus pendidikan untuk SEO. Anda dapat mulai dengan opsi gratis yang menawarkan harga spesial. Hal ini akan membantu Anda masuk ke dalam pintu pelanggan yang ragu-ragu. Setelah calon pelanggan Anda percaya dan tertarik dengan produk digital Anda. Maka Anda dapat mencoba menawarkan opsi berbayar termurah Anda, dengan tambahan fitur premium yang tidak ada dalam spesial promo. Setelah berhasil Anda dapat meningkatkan ke service atau harga yang lebih tinggi.

8. Buat sesuatu yang lebih dari Produk Anda

Ketika Anda menjual barang digital, maka pikirkan cara untuk menciptakan nilai lebih bagi calon pelanggan Anda. Jika produk yang anda jual adalah e-book, maka pertimbangkan juga untuk membuat versi audiobooknya. Dengan membuat produk hebat dan menggabungkannya dengan sudut promosi yang inovatif, Anda akan dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk digital Anda karena tidak ada opsi gratis yang beredar di pasaran.

9. Buatlah Presentasi Produk Digital yang Menarik

Presentasi produk memiliki dampak besar dalam menggaet pembeli online. Hal ini karena mereka akan melihat toko dan produk digital Anda. Di sini Anda bisa melakukan penelusuran berbagai cara untuk mempresentasikan produk Anda. Pertimbangkan untuk menyewa seorang desainer grafis melalui situs-situs untuk membuat sampul atau thumbnail. Agar hasil presentasi produk digital Anda menjadi menarik bagi calon pelanggan Anda, maka buatlah sesuai dengan kreatifitas Anda.

10. Ajak Konsumen turut Mensupport Produk Digital Anda

Bila Anda menjual produk digital, maka Anda tidak akan memerlukan dukungan pelanggan lebih banyak daripada produk fisik atau tergantung pada jenis unduhan yang Anda jual. Misalnya, menjual eBook sepertinya tidak akan membanjiri kotak masuk Anda dengan pertanyaan dan kekhawatiran. Layanan pelanggan yang kuat memastikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen untuk memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan ulasan yang baik dan bisnis baru.

Banyak perubahan popularitas jenis barang digital tertentu untuk dijual, serta kemajuan teknologi untuk membuat penjualan produk digital jadi lebih mudah. Itulah beberapa tips agar maksimal dalam menjual barang digital.

Di mana Kita dapat Jualan Produk digital?

Jawaban atas pertanyaan ini akan tergantung pada tipe produk yang sesungguhnya Anda jual. Kami akan mengulas beberapa saluran dan platform berbeda yang kemungkinan sebagai pilihan baik untuk jual bermacam jenis produk digital.

1. Di Website Personal

Bila Anda merencanakan untuk jualan produk digital SaaS atau pelatihan online, website ialah satu kewajiban mutlak sebagai tujuan untuk konsumen setia Anda.

Tetapi, sebagian besar orang yang jualan produk digital dianjurkan untuk bikin website sendiri untuk menjual barang langsung, dan untuk tujuan branding dan marketing.

Kami benar-benar merekomendasikan Anda memakai website builder dan basis eCommerce. Ini akan memudahkan pemasaran produk digital dengan membantu Anda membuat website, meluncurkan toko online, jual dan pasarkanlah produk Anda di beberapa platform.

Ketika menentukan platform eCommerce dan pembuatan website, yakinkan toko online Anda mempunyai sejumlah fitur berikut ini:

  • Kemampuan untuk bikin daftar dan cara jualan produk digital
  • Alat untuk memaksimalkan website Anda untuk penelusuran
  • Feature marketing untuk membantu menjangkau calon konsumen setia di sosial media dan di semua situs
  • Alat riset untuk menolong memaksimalkan pemasaran Anda
  • Management pusat inventaris, daftar produk, pemasaran, dan komunikasi konsumen setia

2. Di Web Tempat Jual Kreasi Seni dan Fotografi

Bila Anda seorang photografer, seniman, musikus, atau siapa saja yang membuat gambar, video, atau musik lewat cara online, salah satunya langkah paling mudah untuk mulai jualan produk digital untuk hasil unduh kreasi Anda dengan mengunggahnya ke situs gambar, video, atau musik stock.

Faedah memakai website seperti itu termasuk mempunyai audience yang siap pakai, langkah simpel untuk mengurus pemasaran Anda, dan peluang tidak untuk terlalu cemas mengenai marketing dan SEO.

Tetapi, memakai website ini untuk jualan produk digital bukan tanpa kekurangannya. Anda barangkali harus bayar komisi yang lumayan besar ke platform, berkompetisi dengan pembuat content lain di platform, dan akan mempunyai lebih sedikit kontrol atas pengalaman pemakai.

Website gambar dan seni yang baik mencakup:

  • Dreamstime. Semua, dimulai dari gambar handphone yang pantas sampai photo professional kelas tinggi diterima.
  • Alamy. Basis luar biasa untuk siapa yang mempunyai gambar, video, atau seni vector untuk dipasarkan.
  • Shutterstock. Walau biaya komisinya rendah, seluruh orang dimulai dari photografer dan videografer, sampai musikus dan aktris suara bisa menjual di platform ini.
  • Adobe Stok. Platform seni stock serba guna lainnya yang luar biasa, yang bisa dijangkau oleh pemakai semua produk Adobe.

3. Di Platform Web eCommerce

Titik tengah di antara website Anda sendiri dan basis gambar stock memakai platform eCommerce. Walau Anda bisa mengantungi semakin banyak dari tiap pemasaran, Anda pun harus bekerja lebih keras supaya pekerjaan Anda diketemukan oleh konsumen setia.

Ada banyak platform eCommerce di luaran sana yang direncanakan khusus untuk produk digital, sementara lainnya memungkinkannya Anda menjual barang lebih umum. Perlu diingat, Anda selalu bisa memakai platform ini bersama-sama dengan website Anda sendiri. Ini bisa membantu marketing, pencitraan merk, optimalisasi, dan pengalaman pengguna. Beberapa contoh platform web ecommerce seperti berikut ini ;

  • Amazon. Ini ialah website eCommerce yang dikenal seluruh orang, yang bisa dipakai untuk menjual produk digital secara online.
  • E-junkie. Berikut platform eCommerce yang direncanakan khusus untuk mempermudah pemasaran unduhan digital.
  • Gumroad. Sebuah platform eCommerce sebagai langkah paling mudah untuk semua tipe pembuat untuk jualan online, Gumroad benar-benar serbaguna.

4. Platform khusus

Beberapa macam produk digital mempunyai website yang diperuntukkan khusus untuk pemasaran dan pembeliannya. Ini ialah platform yang paling terspesialisasi, tempat penjual dan konsumen setia berkunjung secara eksklusif untuk satu tipe file digital. Beberapa platform khusus seperti :

  • Blurb dan Aerio. Platform ini secara eksklusif melayani penulis dan pembaca eBook, masing-masing dengan komunitas pembuat dan customer.
  • Talentlms dan LearnPress. Ini ialah website yang baik untuk mengadakan pelatihan online Anda, memungkinkannya Anda untuk mengendalikan dan mengemukakan pelajaran lewat cara online.
  • ThemeForest dan TemplateMonster. Beberapa platform luar biasa, mereka direncanakan untuk menolong pemasaran dan pembelian theme/template website.

Bagaimana, apakah Anda siap jualan produk digital secara online di internet. Maka tunggu apalagi? Segera buat website dan toko online Anda sekarang juga bisa anda mulai dengan mudah hanya dengan wordpress bisa Anda ikuti panduannya di channel belajar bikin website via telegram berikut ini join sekarang di https://t.me/jagowebsite.

Siap berjualan kapan pun, pakai website pemasaran powerful sendiri, dan berjualan di beberapa platform online yang lainnya! Salam Sukses untuk kita semua !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *