cara sukses menjadi affiliate marketing

Strategi Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketing

Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketing – Mempromosikan produk affiliasi merupakan strategi dan cara memonetisasi web atau blog yang Anda miliki. Alasannya karena komisi dibisnis affiliate marketing besar dan prosesnya tidak ribet. Mempromosikan produk affiliasi di web atau blog sama mudahnya dengan membuat konten baru. Sebelum kita bahas lebih lanjut bagaimana caranya yuk kita ulas lagi apa itu affiliate marketing.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing merupakan salah satu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk si vendor (merchant/pemilik produk).

Menurut Wikipedia, Affiliate marketing adalah jenis pemasaran berbasis kinerja di mana bisnis memberi penghargaan kepada satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh upaya pemasaran afiliasi itu sendiri.

Menurut Pat Flynn dari Smart Passive Income, affiliate marketing merupakan proses penawaran produk atau jasa menggunakan afiliasi. Afiliasi akan dibayar lewat dua metode, pembayaran di awal atau bayar per produk yang terjual.

Menurut perusahaan marketing ternama asal Amerika Serikat, CJ Affiliate, affiliate marketing adalah proses promosi produk atau jasa dari tiga sisi. Tiga sisi tersebut yaitu penjual, afiliasi, dan konsumen.

Affiliate marketing berguna untuk penjual yang enggan melakukan pemasaran sendiri karena terlalu rumit.Kondisi tersebut pada akhirnya membuat mereka memutuskan menggunakan jasa afiliasi untuk mempromosikan produk mereka dan mendatangkan calon pembeli.

Satu contohnya adalah produk Digital. Akan sulit untuk mendatangkan penjualan hanya dari proses marketing perusahaan sendiri. Mereka membutuhkan afiliasi untuk menawarkan produknya kepada konsumen yang sesuai target pasar.

Pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam Sistem Affiliate Marketing, yaitu:

  • Vendor: Pihak ini juga kadang disebut sebagai creator atau brand. Apa pun penyebutannya, pihak inilah yang memegang kepemilikan atas suatu produk.
  • Affiliate: Disebut juga sebagai publisher, affiliate memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk. Biasanya pihak ini meliputi blogger, influencer Instagram, atau perusahaan yang berjalan khusus di bidang affiliate marketing.
  • Customer: Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan kalau pihak inilah yang akan melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipromosikan oleh si affiliate.

Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing semakin meningkat, termasuk Hostinger, Amazon, eBay, dll. Saking banyaknya perusahaan yang mengadakan program ini, Anda harus benar-benar selektif. Pilihlah program yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda agar bisa memperoleh hasil yang terbaik serta menguntungkan.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Cara kerja affiliate marketing cukup sederhana dengan empat fase seperti yang ada pada gambar di bawah.Tantangan utama dalam affiliate marketing adalah merancang strategi promosi yang menarik untuk mendapatkan pelanggan baru melalui kode referral.

Berikut adalah empat fase cara kerja memulai bisnis affiliate marketing:

Daftar Program ke Merchant

Kamu dapat mendaftarkan diri untuk menjadi seorang affiliate untuk sebuah perusahaan. Setiap perusahaan mempunyai syarat dan ketentuannya masing-masing untuk menjadi affiliate.

Bagikan Program dengan Promo Code

Setelah mendapatkan kode referral unik milik kamu, kamu dapat mulai membagikan dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh merchant.

Customer daftar menggunakan kode affiliate

Dengan promosi yang sukses, maka akan ada customer yang mendaftar atau membeli produk merchant dengan menggunakan link khusus atau memasukkan kode referral kamu.

Dapat komisi

Setelah transaksi sukses (atau beberapa hari setelahnya, tergantung kebijakan merchant), kamu akan mendapatkan komisi yang dapat dicairkan. Pada umumnya, kamu akan mendapatkan komisi setelah kamu berhasilmendapatkan customer baru melalui kode referral atau link khusus. Ada beberapa jenis komisi affiliate marketing, dan masing-masing memiliki tantangan tersendiri untuk mendapatkannya.

Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketing

Jika kamu tertarik menjadi affiliate marketer, kamu bisa mengikuti tips yang membuatmu sukses menjalanibidang ini. Apa saja sih kiat sukses untuk menjadi affiliate marketer? Simak tips-tips sukses menjadi affiliate marketer dalam ulasan di bawah ini ya!

1. Memilih Produk Program Afiliasi Yang Tepat

Ini menjadi elemen kunci untuk sukses dengan pemasaran afiliasi adalah memilih produk yang tepat untuk dipromosikan. Hal ini bisa berupa produk informasi digital, keanggotaan, produk fisik, layanan online dan sebagainya. Untuk menentukan produk yang akan dipromosikan, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan riset pasar yaitu :

  • Melihat tren yang ada di sosial media seperti di Facebook, Instagram dan Twitter. Jenis produk apa yang lagi populer belakangan ini atau memiliki review yang bagus.
  • Produk yang laris di e-commerce ternama
  • Produk atau layanan jasa apa yang ada di berita atau apa yang orang bicarakan di forum-forum online

Semakin banyak buzz tentang produk maka semakin baik juga tingkat penjualan produk tersebut dan bisa membawa keuntungan bila kamu join ke program afiliasi produk tersebut.

2. Memahami Produk atau Jasa Yang Akan Dipromosikan

Jangan pernah sekali-kali kamu mempromosikan produk atau jasa tapi kamu nggak paham sekali tentang itu. It’s a big no! Kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan riset sebelum memutuskan produk atau jasa apa yang akan dipromosikan. Pelajari bagaimana produknya, bagaimana kelebihan dan kekurangannya, apakah produk atau jasa itu sudah memiliki nama atau belum, bagaimana reputasinya di pasaran dan sebagainya.

3. Kenalin Target Audiens

Kamu perlu mengetahui siapa target audiens kamu saat menggunakan program afiliasi agar tepat sasaran. Promosikan produk atau jasa layanan dan penawaran sesuai dengan kebutuhan sekaligus keinginan audiens. Pertimbangkan alasan kenapa mereka menjadi visitor website atau blog kamu, subscribe atau berlangganan newsletter atau follow kamu di sosial media di luar platform kamu.

Semakin relevan konten yang kamu sajikan dengan iklan yang kamu pasang maka semakin besar juga mereka akan menggunakannya. Semakin kamu mengenal audiens kamu maka semakin baik juga kamu bisa memanfaatkan dari segi demografi, psikografi dan informasi lainnya untuk menargetkan audiens saat beriklan di website atau blogmu. Pastikan produk afiliasi yang kamu promosikan bisa memberikan solusi untuk target audiens kamu. Siapa tahu mereka membutuhkan produk atau jasa yang kamu promosikan

4. Dapat Dipercaya

Sebagai seorang pemasar afiliasi, kamu harus bisa dipercaya. Karena visitor, traffic kamu akan naik dan mereka bisa membagikan link atau merekomendasikan website kamu untuk konten yang bagus. Alhasil semakin banyak visitor kamu maka semakin tinggi peluang orang-orang tertarik untuk produk yang kamu promosikan di iklan.

Namun, karena hal ini kamu jadi memanfaatkan kunjungan mereka dengan banyak iklan atau mempromosikan produk yang memanfaatkan keuntungan mereka. Hal ini malah membuatmu akan kehilangan kepercayaan dan pembaca setia akan meninggalkan website atau blogmu. Kamu bisa transparan mengungkapkan hubungan afiliasi dengan perusahaan yang kamu promosikan selama masih relevan dengan jenis atau konten websitemu. Dengan begini, kamu bisa membangun kepercayaan ke semua pihak.

5. Dapat Berguna Untuk Orang Lain

Iklan tidak cuma untuk selingan tapi menjadi informatif dan berguna untuk keperluan siapa saja yang melihatnya. Pertimbangkan iklan affiliate kamu untuk sumber penghasilan tambahan yang dapat melengkapi content web kamu tidak cuma terpasang saja. Tapi tetapkan jika produk kamu itu dapat berguna untuk banyak orang, bukan gadungan.

Triknya kamu dapat menulis review atau pembahasan berkenaan produk dari iklan affiliate yang kamu pasang supaya bisa arahkan mereka untuk memakainya. Tapi penjelasannya harus memiliki sifat jujur dan kamu pernah memakainya supaya bisa menyakinkan pembaca. Atau jika kamu mendapati review baik dan di rasa dapat berguna dari pihak lain, kamu dapat mempublikasikannya di content kamu sekalian mengikutkan link affiliate dalam posting ulasan.

6.Terbuka Mengenai Hubungan Affiliate

Balik ke point ke-4 yakni bisa dipercayai. Jika kamu ingin dipercaya karena itu kamu dapat memperlihatkan transparan mengenai hubungan affiliate yang kamu jalin. Malah dengan kamu terbuka dan terbuka, pembaca akan menghargakan kejujuran kamu dan dapat berperan dengan pendapatanmu dengan beli produk atau layanan yang kamu pasarkan.

Kejujuran itu wajib sekali supaya pembaca dapat setia untuk berkunjung websitemu. Bisa mereka akan memberikan dukungan kamu dengan memakai atau membagi link referal affiliate dari kamu atau beli produk yang kamu promokan.

7. Coba Bermacam Program

Belum pasti satu program dapat efisien untukmu. Tidak semua program affiliate sama. Mereka tawarkan bermacam produk, service dan susunan pembayaran yang berbeda. Beberapa program ada yang mempunyai pembayaran sepanjang umur atas pemasaran yang dilakukan. Ada pula yang batasi dalam waktu tertentu misalkan 30-90 hari. Beberapa program mempunyai banyak elastisitas yang dapat disamakan dengan kekuatan dan kemauan kamu. Tidak ada kelirunya kamu mengetes beberapa program affiliate yang ada untuk menyaksikan yang mana mengonversi yang terbaik dan yang mana paling disikapi oleh audience kamu.

8. Membuat Content Yang Timeless

Content jadi kunci penting dalam sebuah web atau website lho. Terhitung untuk mempromokan program affiliate yang kamu lakukan lho Exabytes Friends. Content itu ialah kesempatan periode panjang di mana kamu dapat membuat content yang timeless atau kekal. Tujuannya ialah kamu dapat memakai content itu dan diperbaharui kembali karena infonya masih berharga dan berkaitan di saat awalnya sampai sekarang ini.

Konsentrasilah pada penulisan mengenai content “hijau” yakni content yang tidak lekang oleh waktu. Ini akan memberi jarak menempuh dari content kamu dan arahkan jalan raya sepanjang tahun mendatang. Kamu bisa juga mengganti produk yang kamu promokan berkaitan dengan content.

Bila pembaca mendapati content lama dan mendapati tanggal content itu termuat, mereka akan tinggalkan content itu. Ini karena pembaca ingin membaca content yang terbaru yang happening sekarang ini atau minimal content yang fresh yang baru termuat. Karena itu, kamu dapat coba strategi lain. Triknya ialah meniadakan tanggal dari posting website. Walau isinya kemungkinan telah dicatat beberapa lalu dan infonya masih berkaitan, beberapa orang akan mengabaikannya karena hanya mempunyai tanggal yang semakin lama.

9. Tetap Berkaitan dan Up To Date

Seterusnya, kamu harus dapat terus berkaitan dengan program affiliate kamu. Kamu perlu terbaru dengan penawaran terkini dari program affiliate kamu seperti tingkatkan manfaat atau membuat iklan jadi lebih menarik secara visual. Pengubahan kecil dapat menolong dalam berikan motivasi perlakuan oleh pembaca lho.

Tidak boleh malas mengawasi trend dan mendalami kesempatan baru dan terus cari produk baru yang berguna dan berkaitan untuk audience Anda. Makin banyak produk yang kamu promokan dan makin tinggi kaitannya dengan audience, makin banyak uang yang kamu menghasilkan.

10. Gunakan Sosial Media

Marketing affiliate dapat berjalan sendiri di web dengan content dan praktek SEO yang pas yang dapat datangkan pengunjung dari mesin pencari. Bahkan juga saat kamu tidur dapat hasilkan uang. Tapi kamu tidak dapat terus-terusan manfaatkan web saja. Kamu dapat manfaatkan media sosial lho. Sebagian besar orang jaman saat ini memakai media sosial. Termasuk pengunjung web kamu.

Gunakan media sosial sebagus-baiknya untuk mempromokan program affiliate kamu. Kamu dapat membuat posting berkaitan dengan content web kamu. Kemudian kamu sharing ke media sosial. Atau bagi link referal ke medsos kamu seperti ke Instagram, Facebook, Twitter atau WhatsApp. Siapa tahu mereka berminat untuk beli jadi kamu dapat memperoleh komisi dech.

11. Selalu Sabar

Walau lumayan gampang lakukan program affiliate, tapi kamu memerlukan kesabaran untuk memperdalam sektor ini. Pendapatan affiliate tumbuh dan semakin bertambah bersamaan saat yang dikuasai oleh perlakuan khusus oleh pengunjung web kamu. Sepanjang kamu mengarah ke pengunjung websitemu atau memakai link referal yang aktif, kamu bisa hasilkan uang.

Saat putuskan lakukan program affiliate, kemungkinan kamu berasa frustasi karena kerap tidak berhasil atau tidak memperoleh keuntungan yang banyak. Apa lagi kita tidak dapat mengharap banyak dengan pengunjung web kamu. Tidak tiap pengunjung akan mengeklik iklan atau beli produk yang kamu pasarkan.

Be patient, itu yang paling penting. Back to poin 6 mengenai coba bermacam program, kamu harus sabar mengetes beberapa program untuk ketahui mana program yang pas yang dapat mengonversi bisa lebih cepat dan tinggi. Harus diingat jika program affiliate bukan gagasan ‘cepat kaya’ tapi memberi kesempatan untuk hasilkan penghasilan pasif dari web kamu.

12. Harus Konsisten

Hal yang paling susah dilaksanakan sesungguhnya ialah menjadi konsisten. Saat kita alami ketidakberhasilan karena itu kita akan sedih hingga kita stop untuk cobanya kembali. Ingat-ingatlah, failures are what make you successful.

Jangan dibiarkan ketidakberhasilan merintangi kamu untuk ke arah keberhasilan. Bukannya berserah, kamu harus bangun kembali dan coba cari tahu mana langkah atau taktik yang keliru dan membenahi hal tersebut segera. Walau keuntungan sedikit, tetapi semakin lama bisa banyak seperti pepatah ‘sedikit demi sedikit semakin lama jadi bukit’. Konsistenlah untuk selalu coba yang terbaik untukmu. Keep trying and be consistent!

Kesimpulan

Menjadi affiliate marketing yang sukses bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada beberapa tips sukses yang bisa kamu lakukan untuk menjadi affiliate marketer sukses. tipsnya yaitu memilih produk yang tepat, pelajari produk yang akan dipromosikan, kenalin target audiens, dapat dipercaya, dapat berguna untuk orang lain, transparan mengenai hubungan afiliasi, mencoba berbagai program, membuat konten yang timeless, tetap relevan dan up to date, manfaatkan sosial media, selalu sabar, dan tetap konsisten.

Pastikan kamu mengikuti tips-tips Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketing yang dipaparkan di atas ya Friends. Selamat mencoba dan semoga artikel mengenai strategi Cara sukses Menjadi Affiliate Marketing ini bermanfaat untuk Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *