Mesa Digital Artikel Motivasi Diferensiasi, Membuat Hal yang Berbeda

Diferensiasi, Membuat Hal yang Berbeda

Diferensiasi, Membuat Hal yang Berbeda – Seekor rusa tengah haus mendatangi genangan air di tengah hutan. Ketika hewan itu membungkuk untuk minum, ia melihat patulanya di genangan itu dan berkata, “Tanduk-tandukku membuat aku berbeda dari kebanyakan hewan lain di hutan ini.

Andai saja bagian lain dari tubuhku dibuat sama bagusnya. Kaki-kaki yang kurus dan kuku-kuku yang kecil ini tidak cocok dengan hiasan kepala yang begitu indah ini.” Di saat rusa sibuk mengagumi dirinya, sebuah anak panah melesat di samping kepalanya. Serta merta, ia berlari dan bersembunyi di antara semak belukar.

Tak lama, ia mengulurkan lehernya, melihat apakah musuhnya itu sudah pergi. Sayangnya tanduknya tersangkut di sebatang pohon. Ia meronta kesakitan. Mendengar suara itu, si pemburu akhirnya menemukan dan menembakkan anak panahnya ke tubuh rusa. Menjelang ajalnya, rusa mengatakan kata-kata penyesalan, “Aku keliru, Aku membenci kedua kakiku yang menyelamatkan jiwaku, tapi malah mencintai kedua tandukku yang justru mencelakakan aku.”

Hanya segelintir orang menghargai hal-hal yang paling berguna bagi mereka. Sebagai pebisnis online, apakah Anda tahu di mana letak keunikan produk Anda? Apakah Anda tahu kelebihan barang Anda dibanding pesaing Anda? Kita perlu perlu tahu hal tersebut, karena itulah yang menjadi pembeda antara kita dengan yang lain. Bila saat ini kita belum mengerti benar apa diferensiasi kita, kita bisa membuat diri kita berbeda dari pesaing lain kita melalui berbagai cara.
Dari bahan mentah, merek Steinway hanya menggunakan kayu terbaik untuk pianonya. Michelin menggunakan karet berkualitas tinggi untuk bannya. Dari segi distribusi, Catepilar, Inc. memiliki lebih banyak dealer dibanding perusahaan lain di industri itu. Cakupan geografis ini memberik keuntungan lebih banyak baginya. Dari segi prestise, orang membeli jam Rolex, Apple, Hermes, karena mereka menginginkan citra yang disandang oleh produk-produk ini. Membuat hal yang berbeda memang sulit, namun perusahaan yang mengerti hal ini lalu menerapkannya adalah perusahaan yang paling kecil kemungkinannya untuk berakhir seperti rusa itu.
0 Likes

Author: Adriel Mesa

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *