pengertian digital marketing

Apa Jenis-Jenis, Strategi, Manfaat dan Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing – Apakah Anda pernah melihat suatu brand produk perusahaan yang melakukan digital campaign? Atau mungkin Anda pernah melihatnya melalui social media dan Website suatu perusahaan? Belakangan ini semua hal tersebut pasti sering Anda lihat. Hal-hal demikian disebut dengan istilah digital marketing. Konsep dan Penerapan digital marketing itu dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk atau jasa dari suatu brand.

Digital Marketing atau Pemasaran Digital, saat ini merupakan suatu keharusan untuk dilakukan bagi semua perusahaan dan merupakan strategi pemasaran yang efektif. Lantas pengertian digital marketing yang sebenarnya apa sih ?

Apa Itu Digital Marketing ?

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Arti Digital Marketing Menurut Para Ahli

Para ahli dalam digital marketing punya definisi masing-masing akan hal ini. Adapun pengertian Digital Marketing menurut para ahli seperti berikut ini.

Menurut Kleindl dan Burrow (2005), Digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

Sedangkan menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009), Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

Dan menurut Heidrick & Struggles (2009), Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Kelebihan Digital Marketing

Banyaknya digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa Digital marketing memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Berikut beberapa kelebihan dari Digital marketing dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

1. Kecepatan Penyebaran

Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

5. Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Jenis – Jenis Digital Marketing

1. Website

Website/blog sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah. Berikut Peran utama website dalam mengembangkan bisnis Anda adalah :

  • Menunjukkan profesionalisme bisnis Anda
  • Membantu customer memahami produk atau jasa dari bisnis Anda
  • Sebagai “Sales Representative” 24 jam
  • Media penjualan produk atau jasa bisnis Anda secara lebih mudah.
  • Media promosi brand bisnis yang lebih hemat biaya dan lebih efektif

2. Content Marketing

Dengan strategi digital marketing ini Anda bisa melakukan pemasaran dengan membuat konten digital seperti blog atau video. Jika bicara tentang blog atau video digital ini maka tidak bisa lepas dari persoalan SEO yang telah dibahas sebelumnya. Agar konten dalam blog atau video yang Anda buat bisa ditemukan dan dilihat oleh banyak orang buatlah yang memiliki SEO tinggi.

Anda bisa membuat konten sendiri untuk mengisi blog atau bisa juga dengan menggunakan jasa penulisan SEO yang ada. Membuat isi atau konten untuk blog yang menarik dan bisa tampil di urutan atas dari hasil pencarian akan membantu membuka peluang produk atau jasa yang Anda tawarkan lebih dilihat dan menarik perhatian orang.

Sedangkan menurut penelitian yang pernah dilakukan mendapatkan hasil bahwa mereka yang tinggal di Amerika Serikat setidaknya menonton atau melihat setidaknya 1 video setiap bulannya. Dan frekuensi tersebut akan jauh lebih banyak pada kalangan anak muda. Dengan begitu memasang iklan pada channel video juga merupakan cara digital marketing yang cukup efektif. Bentuk lainnya adalah videotron sebagai alat untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Anda pasti juga sudah sering mendengar istilah SEO seiring dengan jaman internet ini. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Tahukan anda menurut sumber internetlivestats, ada lebih dari 4 milyar pencarian Google dilakukan setiap hari. Dan menurut brightlocal, 98% pencari akan memilih bisnis yang berada pada halaman pertama mesin pencari. Dengan menggunakan SEO, anda dapat membuat bisnis anda muncul pada halaman pertama hasil pencarian seperti Google.

Jika produk Anda bisa tampil di halaman pertama apalagi bisa di baris teratas maka akan semakin besar orang untuk membuka dan mengetahuinya. Dengan begitu artinya semakin terbuka juga kemungkinan orang akan membeli produk Anda.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing dikenal juga dengan sebutan paid search. SEM adalah praktik memasarkan bisnis menggunakan iklan berbayar yang muncul di halaman hasil mesin pencari (atau SERP). Jenis iklan ini memiliki banyak kelebihan. Selain targetingnya lebih baik, dalam hal biaya juga menerapkan sistem Pay per Click.

Dalam dunia digital marketing dikenal juga istilah Pay per Click atau PPC yaitu metode yang menghitung biaya iklan sesuai dengan jumlah klik yang didapat pada iklan yang terpasang. PPC membuat biaya iklan kita menjadi sangat terjangkau. Kita dapat muncul pada halaman pertama Google sesuai dengan keyword yang kita inginkan tanpa bersusah payah. Biayanya pun relatif ringan.

5. Social Media Marketing

Sekilas tadi sudah dijelaskan bahwa sarana digital marketing yang bisa digunakan dan termasuk paling mudah dan murah adalah sosial media. Siapa sih orang yang tidak memiliki akun media sosial di jaman sekarang ini. Dari anak-anak hingga orang tua setidaknya memiliki 1 jenis media sosial dan inilah “toko” yang tepat untuk berjualan karena lebih banyak menjangkau segala kalangan dan mudah diakses siapa saja.

Beberapa media sosial yang sudah sangat dikenal dan banyak digunakan oleh orang di berbagai negara bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk melakukan digital marketing. Media sosial tersebut antara lain adalah Facebook (FB) yang merupakan platform terbesar dan paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia.

Anda juga bisa menggunakan Instagram (IG) dimana orang akan lebih mudah untuk menemukannya melalui tagar (#) yang Anda gunakan untuk produk yang Anda jual. Twitter juga media yang menjadi pilihan banyak pebisnis di Indonesia. Selain dapat meningkatkan penjualan, social media juga mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini terbukti dari data hubspot.com bahwa 71% konsumen yang memiliki pengalaman layanan media sosial yang baik, cenderung merekomendasikannya kepada orang lain

6. Email Marketing

Untuk kamu yang sering mendapatkan email berisi promo dari sebuah merk atau brand yang menawarkan produk mereka. Itulah yang disebut dengan digital marketing. Biasanya email berasal dari akun atau web yang telah Anda ikuti atau subscribe sebelumnya. Atau produk dimana Anda terdaftar menjadi member. Contoh produk yang biasa menggunakan email sebagai sarana digital marketing misalnya adalah restoran ayam cepat saji atau toko online terkemuka.

Cara ini juga cukup efektif digunakan karena biasanya orang diharuskan untuk menuliskan alamat email saat dia mengisi form member card dan sejenisnya. Di jaman Digital saat ini semua orang memiliki email dan sering menggunakannya.

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah suatu pekerjaan mempromosikan sebuah produk milik suatu perusahaan atau agensi, dimana ketika produk tersebut berhasil terjual  maka affiliate mendapatkan komisi dari memasarkan produk orang lain atau perusahaan. Jadi affiliate marketer mendapatkan uang dari komisi penjualan jika ada yang membeli produk menggunakan kode referralnya.

8. Influencer Marketing

Dengan menggunakan strategi influencer marketing ini, maka mempromosikan produk merupakan hal yang mudah. Sehingga, banyak konsumen yang percaya dengan produk anda karena dorongan dan pengaruh yang besar dari seorang influencer. Contoh influencer pada era sekarang adalah selebgram dan selebtweet yang memiliki pengaruh di media sosial.

9. Pay per click (PPC)

PPC adalah sebuah cara untuk mengarahkan traffic pengunjung untuk masuk ke website anda dengan bayaran setiap kliknya. Contoh dari PPC yang sering digunakan adalah Google Adwords, Facebook Ads, Twitter Ads, dan contoh yang lainnya.

Cara kerja dari PPC adalah anda harus membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan slot atau posisi teratas pada mesin pencari dan dikenakan biaya setiap kliknya. Pastikan untuk perusahaan atau bisnis anda memiliki modal yang cukup untuk menerapkan strategi marketing dengan PPC.

10. SMS Marketing

Jenis Digital marketing yang satu ini termasuk strategi paling kuno dari semua jenis Digital Marketing. Penyedia layanan telepon seluler biasanya menyediakan layanan beriklan melalui SMS ( text message ) kepada perusahaan – perusahaan yang ingin beriklan kepada para pengguna telepon seluler mereka. Iklan disajikan dalam bentuk teks singkat yang kemudian dikirimkan ke para pengguna telepon seluler.

Pemasang iklan SMS ini bisa memilih target penerima SMS iklan berdasarkan segmentasi tertentu, misalnya usia, lokasi tempat tinggal, besarnya penghasilan per bulan, dan lain sebagainya.

Cara Memulai Digital Marketing?

Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital marketing, terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

1. Siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.

2. Siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.

3. Anda dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.

4. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

Strategi Digital Marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan indografis.

2. Content Marketing

Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

3. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan media sosial.

4. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.

5. Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

6. Affiliate Marketing

Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.

7. Sosial Media Marketing

Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.

Manfaat Digital Marketing

Penerapan Digital Marketing oleh pebisnis bisa memberikan manfaat yang bagus untuk penggunanya, terutama untuk memperkenalkan produk ke dunia luar. Berikut merupakan beberapa manfaat digital marketing untuk mendukung perkembangan bisnis anda.

1. Membangun personal dan product branding

Tanpa disadari, dalam membangun sebuah bisnis maka sangat diperlukan faktor kepercayaan dari pelanggan. Semakin pelanggan atau konsumen percaya terhadap produk anda, maka kredibilitas bisnis anda juga akan meningkat.

Membangun personal dan product branding sangat diperlukan pada praktek pemasaran digital saat ini. Personal branding dapat terbentuk dengan membentuk pribadi atau perilaku yang baik dan profesional dalam dunia pekerjaan. Kemudian, apabila product branding dapat terbentuk jika brand atau merek perusahaan memiliki kredibilitas yang baik, serta mendapat pengakuan di masyarakat. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kedua hal tersebut adalah dengan menggunakan pemasaran digital melalui berbagai media yang ada.

2. Menjangkau target pasar yang lebih luas

Ketika setiap bisnis telah terkoneksi dengan jaringan internet, maka secara otomatis bisnis tersebut akan terhubung dengan relasi pengguna internet di seluruh dunia. Jadi, dengan menerapkan online marketing, akan sangat membantu bisnis dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk dan jasa secara efektif dan efisien.

3. Personalisasi

Di sini Anda perlu menautkan basis data ke situs web, jadi kapan pun orang berkunjung, maka Anda bisa menyapa dan menawarkan produk.

4. Bisnis anda bisa terkenal

Menggunakan digital marketing memberi kemungkinan besar bisnis Anda banyak dikenal masyarakat luas. Terutama jika Anda menggunakan video, gambar, dan artikel.

5. Tingkat konversi bisa ditingkatkan

Menggunakan situs web lebih memudahkan sebab tinggal klik bisa sampai ke pembelian, tidak seperti pada media yang lain yang mengharuskan pembeli untuk menelepon atau mengirim pesan terlebih dulu.

6. Lebih murah dan efektif

Manfaat digital marketing yang terakhir yaitu tidak memerlukan sumber daya yang besar atau dapat dikatakan minim dari sisi modal. Setiap orang dapat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan internet tanpa menggunakan biaya yang besar.

Namun, anda juga perlu untuk menerapkan beberapa metode khusus agar strategi bisnis anda memang tepat sasaran dan sesuai dengan target user anda. Lakukanlah riset kompetitor bisnis anda, serta persaingan produk yang ditawarkan kompetitor dengan produk anda. Sehingga, dapat meminimalisir atau menurunkan tingkat kegagalan bisnis atau usaha.

Kesimpulan

Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan bantuan internet menggunakan media digital. Tujuan utama dari pemasaran digital yaitu untuk mendapatkan customer lebih banyak daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis, salah satunya dengan menggunakan layanan digital marketing. Jika Anda berniat menggunakan layanan ini, pastikan Anda memilih sistem yang tepat sejak awal. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa sistem digital marketing tersebut benar-benar tepat dan bisa meningkatkan angka penjualan bisnis Anda.

Demikian ulasan tentang jenis-jenis, strategi, manfaat dan pegertian digital marketing, semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis online anda, salam sukses !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *