Mesa Digital Bisnis Online Kumpulan Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan

Kumpulan Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan

ide bisnis digital

Kumpulan Ide Bisnis Digital – Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda memulainya dengan benar, proses selanjutnya akan lebih mudah. Bagaimana caranya? Semua berawal dari ide. Jika Anda mampu menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, bukan mustahil Anda akan mampu mencapai hasil terbaik.

Lalu, apa saja bisnis era digital yang menjanjikan di tahun 2021 ini? Pilihannya banyak sekali, namun Anda tidak perlu melakukan riset sendiri. Di artikel ini, kami telah merangkumnya untuk Anda.

Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita pelajari terlebih dahulu apa bisnis digital itu sebenarnya dan apa saja keunggulannya.

Apa sih Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya.

Berbeda dengan yang kita pahami sebelumnya, bisnis digital tidak semata terkait dengan penjualan produk tanpa wujud saja, seperti perangkat lunak komputer (software). Bisnis digital juga tidak hanya tentang produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook (buku elektronik).

Lebih dari itu, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah bisnis digital. Ecommerce adalah salah satu contohnya.

Produk bisnis digital bisa berupa barang ataupun jasa. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi pengembangan diri, Anda bisa menjadi seorang motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa menjadi inti bisnis digital yang Anda tekuni.

Pada prakteknya, banyak sekali contoh bisnis digital yang terbukti mampu menghasilkan omset yang menggiurkan. Salah satu contohnya, Ade Iskandar. Ialah sosok di balik sukses datangya.com, sebuah website yang menawarkan jasa pembuatan undangan online. Ide yang dimiliki sungguh kreatif, berawal dari keinginan untuk mengurangi penggunaan kertas undangan yang pada akhirnya terbuang sia-sia, ia membangun bisnisnya dari nol. Bagaimana tanggapan masyarakat tentang bisnis ini? Sangat baik! Hingga saat ini, jumlah undangan yang telah terkirim mencapai 190 ribu.

Pesan yang bisa kita ambil adalah siapa saja bisa terjun di bisnis digital dan peluang bisnisnya masih terbuka lebar.

Kumpulan Ide Bisnis Digital Terbaik

Berikut ini adalah daftar ide bisnis digital yang bisa Anda coba di tahun ini.

1. Menekuni Bisnis Afiliate

Affiliate adalah kegiatan memasarkan produk milik orang lain dengan imbalan berupa komisi.

Secara singkat, cara kerja afiliasi terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, Anda mendaftar pada sebuah program afiliasi dan kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Kedua, Anda memasarkan produk tersebut menggunakan website atau media sosial Anda. Ketiga, pada saat ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan atau mengikuti tautan yang Anda sarankan, Anda akan mendapatkan bagi hasil pendapatan.

Jika Anda menekuni bisnis digital ini dengan baik, Anda bisa saja meraih kesuksesan seperti halnya Hadi Hartono dan Pat Flynn. Di halaman websitenya, Pat Flynn menyebutkan penghasilan dari bisnis digitalnya mencapai angka $2 juta. Luar biasa!

Ada banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda ikuti, seperti Amazon Affiliate yang menjual produk internasional untuk pelanggan global, atau untuk dalam negeri Anda bisa ikut gabung bersama Affiliate Ratakan.com.

2. Membangun Toko Online

Membangun toko online adalah membuat sebuah website atau platform sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk secara online.

Karena potensi bisnis ecommerce yang besar di Indonesia, berjualan online merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik.

Anda mungkin langsung membayangkan platform ecommerce seperti Tokopedia, bukan? Anda tidak salah. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat: membangun toko online Anda sendiri adalah pilihan bijaksana. Apa saja kelebihannya?

Pertama, toko online Anda akan tampil beda. Baik dari sisi branding maupun kepercayaan pelanggan. Anda bisa dengan leluasa mengatur bagaimana produk akan ditampilkan. Selain itu, kemampuan mengelola toko online dengan baik menunjukkan Anda seorang penjual yang berpengalaman. Kesan ini kurang bisa muncul ketika bergabung ke marketplace.

Kedua, Anda tidak tergantung dengan pihak lain. Dengan memiliki toko online sendiri, Anda memiliki kendali penuh untuk menyelesaikan setiap permasalahan mungkin muncul. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda sesuai yang Anda rencanakan.

Ketiga, membuat toko online Anda sendiri itu mudah. Tanpa keahlian pemrograman pun Anda mampu membuat sebuah toko online yang profesional. Saat ini, sudah banyak platform manajemen konten dengan menggunakan WordPress hosting yang memudahkan pembuatan website bahkan bagi pemula sekalipun.

3. Menjadi Blogger Terkenal

Anda tentu mengenal sosok Raditya Dika, seorang penulis buku dan pemain film. Perjalanan suksesnya diawali dengan menulis di laman blog pribadinya saat itu: kambingjantan.com.

Jika Anda sudah memiliki blog, pastikan Anda memiliki konten menarik yang mampu mendatangkan pengunjung. Jika belum, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan lengkap membuat blog ini.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan blog Anda tersebut sebagai sumber penghasilan. Caranya? Anda bisa menyewakan space (ruang) di blog Anda untuk iklan seperti yang dilakukan oleh blogger terkenal, Iwan Banaran.

Jika Anda ragu menjadikan blog sebagai bisnis digital Anda, cerita sukses para blogger mungkin bisa menginspirasi Anda.

4. Memulai Bisnis Dropship

Dropship adalah bisnis digital yang memungkinkan Anda menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, Anda cukup mengandalkan kemampuan menjual Anda saja.

Inilah yang paling membedakan antara dropship dengan reseller. Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Di bisnis affiliasi, tugas Anda adalah seorang marketer yang menawarkan suatu produk, di bisnis dropship, Anda benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli.

Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang Anda terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan kepada produsen barang.

Satu hal yang paling unik dari dropship adalah produsen lah yang bertugas mengirimkan barang kepada konsumen. Singkatnya, dropshipper bertugas sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang.

Alasan dropshipping bisa menjadi bisnis digital yang menarik adalah Anda bisa memulainya tanpa modal dan menentukan sendiri produk apa yang ingin Anda jual.

5. Jadi penulis Konten Digital

Anda memiliki keahlian menulis? Dengan keahlian tersebut, Anda bisa menghasilkan banyak uang di era digital saat ini.

Banyak sekali website yang bersedia membayar Anda untuk sebuah tulisan yang berkualitas. Untuk level global dengan menggunakan bahasa Inggris, pilihannya antara lain WritersWeekly. Untuk Indonesia, portal berita seperti BaBe menawarkan kesempatan yang serupa.

Namun, jika Anda memiliki sebuah blog yang memiliki pengunjung cukup banyak, Anda bisa menawarkan keahlian Anda di blog tersebut. Semakin menarik blog Anda, semakin besar kemungkinan tawaran pekerjaan untuk menulis konten.

6. Mengajar Online

Kemajuan teknologi informasi telah menjangkau dunia pendidikan. Sebelumnya, Anda harus pergi ke tempat kursus untuk mendapatkan ilmu baru. Di era digital ini, kursus online telah menjadi fenomena. Di sisi bisnis, ini adalah peluang bagus.

Bagi Anda yang memiliki keahlian mengajar, bisnis digital ini layak Anda coba. Berbagai platform menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan mengajar online seperti Udemy atau RuangGuru. Akan tetapi, Anda bisa membangun kursus online Anda sendiri.

Caranya, Anda bisa membangun sebuah website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan LMS (Learning Management System).

Jika Anda menggunakan WordPress, banyak tools yang bisa membantu Anda membuat website kursus online dengan mudah.

7. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Jika Anda seorang developer, kemampuan Anda membuat website yang menarik bisa menjadi bisnis digital yang potensial.

Saat ini kebutuhan akan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu. Walaupun banyak cara untuk dapat membuat website dengan mudah, untuk kustomisasi yang lebih rumit, diperlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut yang hanya dimiliki oleh seorang web developer.

Selain potensial, bisnis ini memungkinkan Anda bekerja dari rumah atau dari tempat manapun yang Anda sukai.

Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk para pekerja lepas (freelancer) seperti Freelancer. Namun idealnya, Anda bisa menggunakan blog Anda sebagai sarana menawarkan jasa tersebut. Tentunya dengan didukung oleh portofolio hasil pekerjaan Anda sehingga membuat calon klien Anda semakin tertarik.

8. Menjadi Instagram Influencer

Jika Anda pengguna Instagram dengan jumlah follower yang cukup banyak, menjadi seorang influencer bisa jadi sebuah peluang yang menjanjikan.

Mari kita melihat sosok MagdalenaF. Ia rajin membuat konten di Instagram ketika tengah mencicipi makanan di salah satu restoran. Cara penyampaian yang menarik dan pilihan makanan yang super pedas membuat banyak orang tertarik. Hasilnya, jumlah follower yang mencapai 1,4 juta pengguna.

Di tahap awal, Anda cukup fokus pada kualitas konten yang Anda hasilkan. Jika jumlah follower Anda meningkat, bisa saja datang tawaran kerjasama dari pihak baik dengan melakukan posting iklan produk maupun melakukan review berbayar.

9. Menjual Produk Digital

Produk digital adalah sebuah produk yang tidak memiliki bentuk fisik dan dijual secara online. Contoh produk digital antara lain ebook, video, audio, dll.

Jika Anda memiliki kemampuan bermusik yang baik dan mampu menghasilkan sebuah lagu yang berkualitas, Anda bisa menjual karya Anda tersebut. Website yang bisa membantu Anda menjual karya musik online antara lain tunecore dan songcast.

Atau jika Anda seorang penulis buku, Anda bisa menjual buku elektronik Anda di Amazon atau Apple Book.

Tentu saja, Anda bisa dengan mudah menjual produk digital tersebut di website Anda sendiri. Selain tidak perlu ada bagi hasil, Anda bebas menentukan model bisnis, tarif dan cara promosinya.

10. Menjual Theme dan Plugin WordPress

Seiring meningkatnya penggunaan WordPress, maka permintaan terhadap template dan plugin juga meningkat. Ini merupakan ide peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Selain niat dan kerja keras, tentunya juga dibutuhkan keahlian untuk membuat web, seperti HTML/CSS/JS, PHP, dan lain-lain.

Bagi Anda yang baru menekuni bidang ini, disarankan untuk melakukan tes di beberapa marketplace, seperti Mojo Themes, dan Themeforest, agar Anda bisa mendapatkan review dari pihak lain. Penghasilan yang didapatkan sesuai dengan tempat penjualan: ekslusif, nonekslusif, dan on site di web milik pribadi, jika jam terbang Anda telah banyak.

11. Penyediakan jasa desain grafis

Jasa pembuatan desain grafis memiliki prospek yang sangat besar. Permintaannya tinggi disebabkan oleh promosi produk yang membutuhkan tampilan menarik dan ditunjang dengan tools computer yang semakin canggih. Untuk mendapatkan klien, Anda bisa mulai memasarkannya di beberapa marketplace, seperti Sribulancer, 99designs, dan Fiverr.

Anda bisa mendapatkan pelanggan dari dalam dan luar negeri. Semakin sering Anda membuat portofolio, maka Anda akan semakin mahir dan hasilnya berkualitas. Silakan dicoba bagi Anda yang hobi menggambar atau mendesain sesuatu. Jadikan gambar Anda bukan sekadar gambar.

12. Menyediakan jasa Internet Marketing

Paket usaha yang satu ini tengah booming di masyarakat. Jasa internet marketing adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis digital. Meski Anda sudah memiliki akun website dan media sosial, belum tentu itu akan meningkatkan penjualan. Dan mengingat persaingan bisnis yang juga sangat ketat, maka internet marketing adalah cara promosi produk barang/jasa dengan mengoptimalkan media sosial dan akses internet lainnya.

13. Menyediakan Jasa Copywriting

Copywriter saat ini tengah menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Tanpa adanya seorang copywriter seorang pembeli tak akan tertarik atau mau membeli sebuah produk.

Dan pada hakekatnya seorang copywriter memiliki peran yang besar untuk mengajak dan mempengaruhi seseorang untuk bisa membeli produk tersebut.

Seorang copywriter memiliki tugas kreatif lewat kata-kata yang disematkan pada sebuah produk agar bisa menarik perhatian customer.

Kata-kata yang dituliskan pun tak sebanyak menulis buku atau blog cukup dengan beberapa kalimat yang mengugah seseorang sudah bisa tertarik untuk membeli.

Lebih lengkapnya lagi mengenai pekerjaan seorang copywriter ini adalah menuliskan sebuah teks iklan dengan bahasa yang menarik dan tersegmenatsi atau tepat sasaran.

Bisa dibilang mereka adalah marketing yang siap mempromosikan sebuah produk lewat kata-kata yang bersifat promotif.

Jika Anda seorang penulis, maka pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Yang diperlukan banyak membaca situasi dan kondisi untuk target penjualan yang akan Anda tuju.

Jangan sampai salah langkah maupun salah tulis bisa jadi sasaran yang Anda bidik tak tertarik membeli produk tersebut.

Salah satu contoh copywriter di Indonesia yang telah membuktikan kesuksesannya adalah Dewa Eka Prayoga yang juga menularkan ilmunya lewat bukunya mengenai copywriting yang sudah terjual hingga lebih dari 100 eksemplar.

Anda bisa mulai dengan belajar membuat blog berbasis blogger atau wordpress, dan mulai belajar menulis. Jika anda tertarik membuat dan menulis blog, kami telah membuat ulasan terkait cara menulis pertama kali di wordpress, Anda bisa membacanya.

14. Menyediakan Layanan Iklan Banner

Ide Bisnis yang bisa Anda coba selanjutnya adalah dengan menyediakan layanan bisnis iklan banner atau yang bisa disebut dengan display ads. Bahkan perlu Anda ketahui bahwa bisnis digital yang satu ini merupakan bisnis bagi sejuta umat yang ada di Indonesia.

Ini dikarenakan peminat dari bisnis ini sangat banyak dan banyak orang pula yang menggunakan media yang satu ini sebagai sumber pendapatan mereka sebab sangat menjanjikan jika dijalankan. Sesuai dengan namanya jika berminat untuk terjun langsung untuk menjalankan bisnis ini maka tugas utamanya adalah dengan membuat suatu display ads atau sebuah iklan banner. Iklan banner ini biasanya akan berguna untuk melakukan promosi suatu perusahaan, produk, atau jasa tertentu di dalam suatu website.

Ini Dia Kelebihan Bisnis Digital

Jika Anda masih ragu untuk terjun ke dunia bisnis digital, berikut ini beberapa keunggulan yang dapat Anda jadikan pertimbangan:

1. Jangkauan Pasar yang Luas

Jika Anda menggeluti bisnis digital yang dijalankan secara online, pangsa pasarnya tentu akan lebih luas. Hal ini karena Anda tetap bisa menjalankan bisnis tersebut di mana pun Anda berada, selama 24 jam. Hal ini tentu bergantung dengan bisnis yang Anda geluti.

2. Pilihan yang Beragam

Perkembangan teknologi diprediksi belum akan berhenti bahkan hingga beberapa dekade mendatang. Artinya, masih banyak inovasi yang bisa dihasilkan sebagai peluang usaha. Anda hanya perlu cermat mengamati kebutuhan pasar dan menciptakan produk yang dibutuhkan masyarakat.

3. Bertujuan Jangka Panjang

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat, mencapai 171 juta jiwa di tahun 2018 lalu. Itulah alasan mengapa banyak perusahaan melakukan transformasi digital, untuk meraih potensi besar tersebut. Tidak hanya itu, bisnis digital juga merupakan upaya untuk membangun identitas online yang bertujuan jangka panjang. Anda tentu menyadari bahwa Anda akan ketinggalan jika tidak turut ambil bagian.

4. Memberikan Kenyamanan kepada Pelanggan

Di tengah kesibukan menjalankan rutinitas, sebagian orang mungkin tidak sempat pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu. Bisnis digital mampu memberikan solusi untuk permasalahan ini. Ya, bisnis digital menawarkan kenyamanan yang lebih kepada pelanggan.

Misalnya, Anda bisa membeli novel kesukaan Anda dalam bentuk digital secara online. Selain tidak perlu repot ke toko buku, Anda cukup membuka handphone untuk membaca novel tersebut. Praktis, bukan?

5. Potensi Penghasilan Besar Tanpa Batas

Inilah yang terpenting. Bisnis digital yang dipasarkan secara online memiliki potensi penghasilan tanpa batas. Bayangkan jika pelanggan Anda berasal dari seluruh dunia. Tentu omset penghasilan Anda akan semakin berlipat ganda.

Persiapan Memulai Bisnis Digital

Jika berbagai keunggulan di atas membuat Anda tertarik menggeluti jenis bisnis ini, lalu apa saja yang perlu Anda siapkan?

1. Pemilihan Niche Yang Potensial

Niche adalah jenis bisnis yang ingin Anda geluti secara spesifik. Kejelian Anda dalam melihat peluang pasar turut menentukan niche yang Anda pilih. Beberapa niche memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari yang lain.

Namun, Anda juga bisa memulainya dari dalam diri Anda sendiri, yaitu terkait dengan keahlian yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda gemar mencicipi berbagai makanan lezat, review makanan mungkin bisa jadi niche Anda.

2. Waktu Untuk Mengembangkannya

Anda mungkin pernah mendengar peribahasa “Kota Roma tidak dibangun dalam semalam” kan? Dalam bisnis, hal ini juga berlaku. Beberapa ide bisnis digital yang Anda geluti bisa saja tidak menunjukkan hasil di minggu pertama. Kesabaran Anda adalah kuncinya.

Selain itu, perhitungkan dengan baik investasi waktu yang telah Anda berikan dengan potensi keuntungan yang akan Anda terima.

3. Mempunyai Sebuah Website Yang Menarik

Ide bisnis digital memerlukan kehadiran sebuah website yang tidak hanya mendatangkan pengunjung, tapi juga menghasilkan transaksi penjualan. Untuk membangun sebuah website, Anda perlu menyewa hosting dan membeli sebuah domain sesuai jenis bisnis Anda. Setelah memiliki website Anda akan mampu memasuki bisnis digital untuk jangka panjang dengan lebih percaya diri.

Kesimpulan ?

Bisnis digital adalah bisnis yang masih potensial. Beragam pilihan ide bisnis juga telah kami sampaikan sebagai bahan pertimbangan. Tentu Anda bisa menemukan bisnis Anda sendiri. Kuncinya adalah menentukan bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda dan memiliki prospek bisnis yang baik.

Semoga tulisan kumpulan ide bisnis digital ini bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan ya? Mari mulai langkah awal membangun bisnis Anda. Sukses untuk Anda!

1 Likes

Author: admin

Mesa Digital adalah blog independen yang membahas secara lengkap tentang Affiliate dan hal-hal menarik lainnya seputar digital marketing.

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *