Mesa Digital Digital Marketing Media Digital Marketing Paling Efektif untuk Bisnis

Media Digital Marketing Paling Efektif untuk Bisnis

Media Digital Marketing

Media Digital Marketing – Dizaman serba internet saat ini, hampir semua pelaku bisnis di dunia menggunakan media marketing ini. karena ini bisa menjadikan bisnis Anda lebih cepat, lebih mudah dan lebih luas menjangkau konsumen, bisa-bisa kompetitor Anda berhasil menguasai pasar lebih dulu bila tidak menerapkannya.

Untuk dapat melakukan strategi digital marketing yang sukses, ada beberapa media yang perlu anda gunakan dan kuasai tekniknya. Beberapa media digital marketing yang akan kita bahas nanti merupakan strategi paling efektif untuk dipelajari dan dijalankan di bisnis Anda.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah strategi pemasaran produk dan jasa dengan menggunakan media digital dan akses internet. Ada banyak kelebihan digital marketing daripada strategi pemasaran tradisional. Apa lagi kelebihan tersebut memberi kemudahan dalam menjangkau target pasar yang lebih luas, tidak membutuhkan biaya yang besar.

Langkah digital marketing penting dilakukan karena beberapa alasan berikut:

– Dapat meningkatkan pendapatan dengan efektif
– Mampu menjangkau target konsumen spesifik
– Bisa dipakai semua jenis bisnis
– Bisa digunakan disemua perangkat yang digunakan
– Bisa membantu membangun brand bisnis Anda

Media Digital Marketing Paling Efektif Untuk Bisnis

Pastikan menjalankan strategi dan memilih media digital marketing yang tepat, untuk mencapai hasil penjualan produk yang optimal. Berikut ini strategi dan media digital marketing yang bisa Anda coba:\

1. Buat Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah media digital marketing penyedia layanan yang menampilkan profil bisnis Anda secara instan di halaman pencarian. Buatlah mulai dari alamat perusahaan, jam operasional, hingga rating bisnis. Konsumen bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah dengan membuat Google Bisnisku. Anda juga bisa

menampilkan review terbaik dari konsumen Anda sebagai sarana promosi dalam strategi digital marketing. Dalam penggunaannya, Anda bisa mendaftarkan bisnis terlebih dahulu. Lalu, lakukan pengisian profil yang diperlukan.

2. Gunakan WhatsApp Bisnis

Saat ini pengguna WhatsApp di Indonesia begitu banyak. Jika digunakan untuk keperluan digital marketing, tentu akan sangat efektif. Akan tetapi, sebaiknya jangan menggunakan WhatsApp reguler, tapi pakailah WhatsApp Bisnis. Karena begitu banyak fitur khusus yang dimiliki seperti profil bisnis, dari katalog produk sampai statistik pesan. Untuk memakainnya, Anda bisa mendownload aplikasinya, lalu melengkapi profil bisnis Anda. Jangan lupa juga untuk melakukan pengaturan lain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

3. Membuat Website

Ingin jalankan digital marketing tanpa mempunyai website? Seharusnya pikir lagi. Website sebagai pusat aktivitas usaha online yang Anda bangun. Bukan hanya sebagai identitas online, tetapi juga untuk membuat rekam jejak online yang professional dan baik.

Ada beberapa langkah membuat website. Tetapi, yang termudah ialah memakai platform WordPress. Triknya, Anda cukup beli domain dan langganan hosting. Tanpa proses lama, website Anda siap online.

4. Menggunakan Email Bisnis

Tak lengkap media digital marketing Anda tanpa memiliki email bisnis resmi. Sebuah email bisnis adalah email yang menggunakan nama domain bisnis Anda sebagai identitas online. Contohnya, promosi@tokoanda.com. Jadi, bukan lagi promositokoanda@gmail.com.

Ini penting? Sebab terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup tentukan platform email yang akan digunakan dan hubungkan dengan nama domain Anda.

5. Menerapkan Strategi Copywriting

Penerapan copywriting dengan tepat dapat mendongkrak upaya digital marketing yang Anda lakukan. Copywriting adalah teknik membuat tulisan yang menarik dan persuasif agar banyak orang membeli produk yang ditawarkan. Copywriting bisa Anda gunakan pada semua media pemasaran yang Anda gunakan. Mulai dari blog, newsletter hingga iklan di Google atau Facebook. Belajar copywriting bisa dilakukan dalam enam langkah. Dimulai dengan pemahaman atas produk Anda terlebih dahulu.

6. Menjalankan Teknik SEO yang Jitu

Bila Anda telah mempunyai website, cobalah menggunakan teknik SEO sebagai media digital marketing. Search Engine Optimization mempunyai tujuan membuat website Anda ada di rangking atas Google. Tehnik dalam SEO memang lumayan banyak. Dimulai dari penelitian kata kunci (keyword), optimisasi supaya website mobile friendly sampai lakukan link building. Tetapi, belajar SEO tidak sesusah yang Anda bayangkan. Bila ingin meningkatkan jumlah pengunjung ke website kita, menjalankan SEO adalah langkah yang paling efektif.

7. Memanfaatkan Search Engine Marketing (SEM)

Dalam digital marketing, berpromosi sebagai salah satunya langkah promo yang kerap dipakai. Termasuk, Beriklan di mesin pencari atau Search Engine Pemasaran (SEM).

Supaya pas target, Anda perlu pahami langkah tentukan sasaran iklan dan anggaran dengan tepat. Untuk pemula, mengawali dengan bujet yang audience dan kecil yang detil pasti lebih efektif. Bila sukses, tingkat pembelian (conversion rate) yang Anda hasilkan pasti tinggi.

8. Menjalankan Social Media Marketing

Media Digital Marketing selanjutnya adalah sosial media. Banyak bisnis mengandalkan media sosial dalam upaya digital marketing mereka. Alasannya, selain lebih dekat dengan konsumen, potensinya juga cukup besar dengan pengguna mencapai 160 juta orang di Indonesia.

Supaya hasilnya optimal, social media marketing harus dilakukan dengan strategi yang terencana. Mulai dari riset audiens, pembuatan konten yang menarik hingga penggunaan metric yang tepat.

9. Melakukan Email Marketing

Email adalah salah satu media digital marketing yang masih menjadi cara efektif untuk mempromosikan produk. Anda bisa mencobanya karena email marketing membutuhkan investasi kecil tapi menawarkan hasil besar.

Jika Anda belum pernah melakukannya, mulailah dengan memilih tools email marketing yang tepat. Kemudian, buatlah strategi email marketing yang baik. Mulai dari membangun leads dan membuat segmentasi pasar. Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan campaign yang dilakukan.

10. Jalin kerjasama dengan Influencer

Influencer adalah orang yang ditunjuk untuk mempengaruhi konsumen agar membeli suatu produk tertentu. Bisa seorang blogger, YouTuber, dan lainnya. Apabila ingin menggunakan influencer menjadi media digital marketing Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, jenis influencer yang akan ditunjuk. Kedua, cara memilih influencer yang tepat.

11. Penggunaan CTA dengan Tepat

Call To Action (CTA) adalah sebuah teks atau banner yang akan mengajak pengunjung melakukan sesuatu. Contohnya adalah Beli Sekarang, Daftar Sekarang, Dapatkan Di sini , dan lainnya. Pada upaya digital marketing, peran Call To Action (CTA) sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Terutama bagi pengunjung yang sudah berada di website Anda.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, Anda perlu mengetahui cara membuat tulisan Call To Action (CTA) yang pas serta penempatan posisi di CTA yang tepat. Dengan demikian, conversion rate bisa ditingkatkan.

12. Maksimalkan Leads untuk Peningkatan Penjualan

Apabila ada seseorang yang tertarik dengan produk Anda dan mereka akan rela memberikan data diri agar tak ketinggalan info promosi terbaru. Itulah yang disebut leads. Leads akan memudahkan upaya pemasaran Anda, terutama ketika mengirimkan konten promosi. Selain itu, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pemetaan calon konsumen berdasarkan kebutuhan produknya.

13. Memilih dan Memanfaatkan Marketing Tools untuk Bisnis

Cara paling efektif dalam menjalankan strategi digital marketing adalah memanfaatkan marketing tools. Dengan berbagai tool tersebut, Anda dapat melakukan berbagai upaya pemasaran dengan mudah. Marketing tools bisa berupa to do list untuk mengatur daftar pekerjaan, aplikasi otomasi email, aplikasi untuk menganalisa data, hingga tools untuk membantu upaya SEO. Dengan memanfaatkan tools media digital marketing, Anda bisa lebih fokus ke perencanaan strategis bisnis yang lain.

Kesimpulan

Membangun strategi promosi bisnis yang sukses memang tidak mudah. Namun, apabila dimulai dengan strategi dan media digital marketing yang tepat, semuanya akan jauh lebih baik.

Karena, Anda akan memiliki banyak sekali pilihan untuk melakukan upaya pemasaran sesuai bisnis Anda. Beberapa diantara bahkan bisa Anda lakukan tanpa biaya. Dan tidak itu saja, ada banyak marketing tools yang bisa membantu pekerjaan Anda bisa lebih cepat dan otomatis. Hal ini tentu tak akan Anda jumpai pada strategi pemasaran konvensional. Demikian sharing tentang Media Digital Marketing Paling Efektif untuk Bisnis Anda, semoga bermanfaat dan salam sukses.

2 Likes

Author: admin

Mesa Digital adalah blog independen yang membahas secara lengkap tentang Affiliate dan hal-hal menarik lainnya seputar digital marketing.

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *