Mesa Digital Artikel Motivasi Mengapa Inovasi bisnis diperlukan?

Mengapa Inovasi bisnis diperlukan?

Pernahkan Anda mendengar nama Alta Vista? Ya, istilah ini sekarang memang sedikit terdengar asing. Berbeda dengan jaman dahulu, si Alta Vista ini sangat terkenal karena merupakan mesin pencari pertama di dunia! Namun mengapa mesin pencari pertama di dunia tersebut hari ini namanya nyaris tidak terdengar sama sekali? 

Karena Miskin Inovasi! 

Alasan klasik, sebagai pionir ia merasa sudah menjadi yang terbaik. Celah itulah yang dimanfaatkan Yahoo untuk menggeser Alta Vista sebagai mesin pencari. Lagi-lagi karena alasan inovasi, Yahoo pun dilengserkan Google, mesin pencari terbesar di dunia saat ini dengan menguasai 70% pangsa pasar! 

Contoh lain? 

Beberapa waktu yang lalu secara resmi Nokia mengumumkan akan mem-PHK 10.000 karyawanya di berbagai belahan dunia. Nokia Lumia yang digadang-gadang akan menyelamatkan mereka, ternyata termehek-mehek dalam lorong kekalahan. Setelah itu menyusul Blackberry yang juga akan mem-PHK 5000 karyawanya. Penjualan mereka anjlok 50% dibanding tahun lalu. 

Nokia dan Blackberry. Dua raksasa yang tampak begitu perkasa itu terlihat limbung dan tertatih-tatih diporak-porandakan apple dan samsung yang kini telah menguasai 75% pangsa smartphone global. Inovasi memang tidak mengenal jenis bisnis! Semua bisa menimpa siapa saja!! Termasuk dalam bisnis online. 

Apa yang bisa kita pelajari dari kisah tersebut diatas? Miskin inovasi sama dengan kemunduran. Kemunduran sama dengan kebangkrutan. Saat kita miskin inovasi, sebenarnya kita sedang melambai-lambaikan tangan kepada kompetitor untuk merebut “kue” kita. Untuk alasan itulah sebuah penelitian menunjukan bahwa 80% perusahaan yang mampu bertahan, bahkan meraih sukses besar di lima tahun pertama usahanya, biasanya gagal dalam lima tahun berikutnya. 

Untuk itulah Mengapa inovasi bisnis sangat diperlukan. 

Ngomong memang gampang mas, prakteknya itu yang susah! Memang saya harus berinovasi seperti apa? 

Pertanyaan yang bagus. Kenapa kita tidak belajar dari perusahaan yang telah berhasil memenangkan inovasi?

Lalu seperti apakah jejaknya? Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi blognya Pak Yodhia Antariksa, founder dan CEO PT Manajemen Kinerja Utama. Sebuah firma konsultan yang bergerak dalam bidang corporate performance management. 

http://strategimanajemen.net/2012/07/02/kenapa-nokia-dan-blackberry-di-ambang-kehancuran/ 

Setidaknya ada 3 pelajaran tentang inovasi yang bisa diambil dari drama ini. Simak dan pelajari. Anda akan segera tahu hal luar iasa sesaat lagi. 

Semoga bermanfaat 🙂

0 Likes

Author: Adriel Mesa

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *