Mesa Digital Belajar Website Pengertian dan Jenis Website

Pengertian dan Jenis Website

https://mesa.my.id

Pengertian & Jenis-Jenis Website – Berkembangnya internet di Indonesia, membuat banyak orang yang mengenal website. Website adalah apa yang Anda kunjungi setiap hari di internet.

Dari Google, Facebook, Twitter, CNN, Kompas, Tokopedia, Bukalapak, hingga Niagahoster. Ketika Anda membuka layanan-layanan tersebut di perangkat desktop atau mobile, yang Anda buka adalah website.

Walaupun sudah berinterasi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu pengertian website. Melalui artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian website beserta sejarah, jenis-jenis, dan manfaatnya.

yuk mendalami seluk beluk website, dimulai dari apa itu website.

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Sebagai contoh, untuk alamat website Mesa adalah https://mesa.my.id.id

Sejarah Website

Website pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980an dan baru resmi online pada tahun 1991.

Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Jika Anda ingin mengetahui seperti apa tampilannya, silakan akses tautan berikut http://info.cern.ch/. Pada saat itu, website mulai dapat digunakan secara gratis oleh publik baru diumumkan oleh CERN tepatnya tanggal 30 April 1993.

Website dapat dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, meskipun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda.

Unsur-Unsur Website

Terdapat 3 unsur yang sangat vital pada website. Tanpa adanya semua unsur ini, website anda tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur yang dimaksud adalah:

Domain. Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.

Hosting. Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website. Banyak sekali penyedia jasa hosting di Indonesia, salah satunya Niagahoster yang menyediakan hosting terbaik untuk kecepatan akses website Anda.

Konten. Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.

Jenis-jenis Website

Website merupakan media untuk menampilkan informasi. Awal kemunculannya, informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa tulisan.

Saat ini berbagai jenis website dapat Anda temukan dengan mudah, tidak hanya menampilkan informasi berupa tulisan saja.

Berikut beberapa diantaranya Jenis-Jenis Website:

  1. Website Pribadi

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat website pribadi. Mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar.

Untuk yang gratis, Anda harus bersedia memiliki alamat website seperti www.namalayanan.com/usernameanda atau www.namawebsite.blogspot.com.

Alamat website seperti contoh di atas tidak disarankan untuk Anda yang ingin memiliki konten lengkap, seperti dengan adanya video dan banyak gambar.

Biasanya, penyedia layanan website gratis akan memberikan resource yang terbatas.

Selain itu, untuk alamat dari website Anda akan sulit bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting.

Sehingga Anda dapat membuat website yang lebih profesional dengan alamat www.namaanda.com.

  1. Website Toko Online

Tahukah Anda toko online Indonesia yang paling populer saat ini?

Tentu Anda sudah memiliki jawabannya.

Apakah Anda ingin membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini?

Jika benar, dengan menggunakan sebuah tool yang tepat Anda bisa membuatnya dalam hitungan jam bahkan menit, dan website toko online Anda sudah dapat diakses melalui internet.

  1. Blog

Blog biasanya berisi artikel yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. Untuk contoh blog adalah apa yang saat ini Anda sedang baca, yaitu blog Niagahoster.

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan web hosting, internet marketing dan hal lainnya.

Untuk artikel yang diterbitkan setiap blog berbeda-beda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulisnya.

4. Landing Page

Landing page adalah halaman dari website yang didesain dengan sudut pandang marketing. Halaman ini yang akan ditampilkan kepada pengunjung ketika melakukan pencarian terhadap produk yang berhubungan dengan bisnis kita. Page atau halaman tersebut didesain untuk sebuah tujuan yang spesifik, sehingga pengunjung bisa melakukan yang kita harapkan ketika mengunjungi halaman tersebut.

Terkait dengan apa itu landing page bisa kita bedakan bahwa landing page berbeda dengan website, di mana halamannya berisi berbagai macam menu yang dibutuhkan. Pada landing page, menunya terbatas hanya untuk mengarahkan pengunjung untuk membeli atau memproses penawaran kita.

Biasanya di dalam landing page yang diutamakan adalah informasi servis/produk, penawaran, diskon, dll. Jadi landing page memang dibuat terpisah dari website yang utama, agar pengunjung melakukan tindakan tertentu dan kita mendapatkan konversi yang diinginkan. Landing page bisa menjadi penawaran bagi pengunjung antara membeli produk kita atau tidak.

Demikian info tips dan sharing Pengertian Website dan Jenis-Jenis Website, semoga bermanfaat untuk Anda.

1 Likes

Author: admin

Mesa Digital adalah blog independen yang membahas secara lengkap tentang Affiliate dan hal-hal menarik lainnya seputar digital marketing.

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *