Mesa Digital Bahasa Indonesia Pengertian Dan Macam-macam Sudut Pandang

Pengertian Dan Macam-macam Sudut Pandang

Pengertian Sudut Pandang

“Sudut pandang pada hakikatnya merupakan strategi, teknik, siasat, yang secara sengaja dipilih pengarang untuk mengemukakan gagasan dan cerita. Segala sesuatu yang dikemukakan dalam cerita fiksi memang milik pengarang, yang antara lain berupa pandangan hidup dan tafsirannya terhadap kehidupan” (Nurgiyantoro, 2013). 

Berdasarkan pengertian di atas sudut pandang terbagi menjadi tiga macam, yaitu: 

a. Sudut Pandang Persona Ketiga: “Dia” Penghiasan cerita yang mempergunakan sudut pandang persona ketiga, gaya dia, narator adalah seseorang yang berada di luar cerita yang menampilkan tokoh-tokoh cerita dengan menyebut nama, atau kata ganti; ia, dia, dan mereka. Sudut pandang persona ketiga meliputi: 
  1. “Dia” mahatahu, pengarang dapat menceritakan hal-hal yang menyangkut tokoh “Dia” tersebut. 
  2. “Dia” terbatas, Pengarang melukiskan yang dilihat, didengar, dialami, dipikir, dan dirasakan oleh tokoh cerita, namun terbatas hanya pada tokoh saja. 

b. Sudut Pandang Persona Pertama: “Aku” Pengisahan cerita yang mempergunakan sudut pandang persona pertama, “aku”, gaya “aku”, narator adalah seseorang ikut terlibat dalam cerita.sudut pandang persona pertama meliputi: 

  1. “Aku” tokoh utama yaitu si “aku” mengisahkan berbagai peristiwa dan tingkah laku yang dialaminya. Si “aku” yang menjadi tokoh utama cerita oraktis mejadi tokoh protagonis. 
  2. “Aku” tokoh tambahan yaitu tokoh “aku” muncul bukan sebagai tokoh uatama, melainkan sebagai tokoh tambahan. 

c. Sudut Pandang Persona Kedua “Kau” meliputi: 

  1. “Kau” merupakan cara pengisahan yang mempergunakan kau yang biasanya sebagai variasi cara memandang oleh tokoh aku dan dia. 
  2. “Kau” biasanya dipakai mengoranglain-kan diri sendiri, melihat diri sendiri sebagai orang lain. 


Amanat

“Amanat adalah pesan yang akan disampaikan melalui cerita. Amanat baru dapat ditemukan setelah pembaca menyelesaikan seluruh cerita yang dibacanya. Amanat biasanya berupa nilai-nilai yang dititipkan penulis cerita kepada pembacanya. Sekecil apapun nilai dalam cerita pasti ada” (Ismawati, 2013).

Pengertian Novel

“Novel adalah sebuah karya prosa fiksi yang panjangnya cukupan, tidak terlalu panjang, namun juga tidak terlalu pendek” (Nurgiyantoro, 2013). Ciptaan sebuah fiksi tergantung dengan kehidupan dan pengalaman pengarang, fiksi dapat diungkapkan dengan realitas hidup pengarang atau dapat diungkapkan dari pengalaman orang lain rasakan. 

Menurut Abram (Ismawati, 2013) ‘karya fiksi (novel) adalah karya yang menceritakan sesuatu yang bersifat rekaan, khayalan, sesuatu yang tidak ada dan tidak terjadi sungguh-sungguh sehingga tidak perlu dicari kebenarannya dalam dunia nyata’.


Sumber:
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sekian uraian tentang Pengertian Dan Macam-macam Sudut Pandang, semoga bermanfaat. 
0 Likes

Author: Adriel Mesa

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *