Pengertian Energi, Jenis, Manfaat Dan Sumbernya

Pengertian Energi, Jenis, Manfaat Dan Sumbernya

Pengertinan Energi – Energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak yang sukar dibuktikan tetapi dapat dirasakan keberadaannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika) atau daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

Sedangkan energi alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera. Energi alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara dan lain sebagainya.

Pengertian Energi

Energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak yang sukar dibuktikan tetapi dapat dirasakan adanya. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (energy is the capability for doing work).

Sedangkan energi alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera, energi alam bisa terdapat dimana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara dan lain sebagainya.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

1. Menurut Mitchell, Campbell dan Reece, energi merupakan sebuah kemampuan untuk mengatur ulang materi. Singkatnya energi sebagai kapasitas agar dapat melaksanakan pekerjaan.
2. Menurut Muji Lestari dan Arif Alfatah, energi memiliki pengertian untuk tubuh agar dapat melakukan sebuah objek bisnis. Kenyataannya, setiap usaha yang dilakukan dapat mengubah keadaan.
3. Menurut Michael J. Moran, energi merupakan sebuah konsep dasar termodinamika yang dijadikan aspek penting dari analisis teknik.
4. Menurut Aip Saripudin, energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan proses bisnis.
5. Menurut Young, pekerjaan merupakan sebuah energi yang sudah dihasilkan. Ini dimaksudkan supaya dapat melakukan pekerjaan yang dibutuhkan energi.
6. Menurut Robert L. Wolke, energi merupakan suatu kemampuan untuk dapat membuat suatu hal terjadi.
7. Menurut Pardiyono, energi merupakan bentuk dari kekuatan yang dihasilkan oleh benda.
8. Menurut Mikrajuddin, energi merupakan sebuah kemampuan untuk dapat melakukan pekerjaan pada suatu objek.
9. Menurut Alvin Hadivvono, energi ialah segala hal yang bergerak, dan juga memiliki hubungan dengan ruang dan waktu.
10. Menurut Sumantoro, energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan pekerjaan yakni untuk memindahkan atau mendorong objek.
11. Menurut Einstein, energi merupakan sebuah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.
12. Menurut KBBI, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dalam bidang fisika energi ialah kemampuan untuk mengerjakan kerja (misalnya guna energi listrik dan mekanika). Energi ialah daya (kekuatan) yang dapat dipakai untuk melakukan sekian banyak proses kegiatan. Misalnya bisa adalahbagian sebuah bahan atau tidak terbelenggu pada bahan (seperti sinar matahari). Energi pun dapat ditafsirkan sebagai tenaga.
13. Menurut Kamus Oxford, Berdasarkan keterangan dari Kamus Oxford, energi ialah kekuatan dan vitalitas (daya hidup) yang dibutuhkan untuk kegiatan fisik atau mental yang berkelanjutan. Energi ialah daya (power) yang berasal dari pemanfaatan sumber daya jasmani atau kimia, khususnya untuk meluangkan cahaya dan panas atau guna mesin kerja.
14. Menurut Encyclopaedia Britannica, Dalam Encyclopaedia Britannica, energi, dalam fisika, ialah kapasitas untuk mengerjakan pekerjaan.

Jenis-jenis Energi

Secara umum energi dapat dikategorikan menjadi beberapa macam/jenis energi, yaitu:

1. Energi Mekanik

Bentuk transisi dari energi mekanik adalah kerja. Energi mekanik yang tersimpan adalah energi potensial atau energi kinetik. Energi mekanik digunakan untuk menggerakkan atau memindahkan suatu benda, misalnya untuk mengangkat batu pada pembangunan gedung, untuk memompa air, untuk memutar roda kendaraan dan lain sebagainya.

2. Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang berkaitan denngan akumulasi arus elektron, dinyatakan dalam watt-jam atau kilo watt-jam. Bentuk transisinya adalah aliran elektron melalui konduktor jenis tertentu. Energi listrik dapat disimpan sebagai energi medan elektromagnetik yang merupakan energi yang berkaitan dengan medan listrik yang dihasilkan oleh terakumulasinya muatan elektron pada pelat-pelat kapasitor. Energi medan listrik ekivalen dengan medan elektromagnetik yang sama dengan energi yang berkaitan dengan medan magnet yang timbul akibat aliran elektron melalui kumparan induksi.

3. Energi Elektromagnetik

Energi elektromagnetik merupakan bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik. Energi radiasi dinyatakan dalam satuan energi yang sangat kecil, yakni elektron-Volt (eV) atau mega elektron-Volt (MeV) yang juga digunakan dalam evaluasi energi nuklir. Radiasi elektromagnetik merupakan bentuk energi murni dan tidak berkaitan dengan massa.

4. Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron dimana dua atau lebih atom/molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Energi kimia hanya dapat terjadi dalam bentuk energi tersimpan.

5. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi dalam bentuk tersimpan yang dapat dilepas akibat interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom. Energi ini dilepas sebagai hasil usaha partikel-partikel untuk memperoleh kondisi yang lebih stabil. Energi nuklir juga merupakan energi yang dihasilkan dari reaksi peluruhan bahan radioaktif. Bahan radioaktif sifatnya tidak stabil, sehingga bahan ini dapat meluruh menjadi molekul yang stabil dengan mengeluarkan sinar alpha, sinar beta, sinar gamma dan mengeluarkan energi yang cukup besar. Energi yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik ataupun untuk keperluan pegobatan dan lain-lain.

6. Energi Termal (panas)

Energi termal merupakan bentuk energi dasar, yaitu semua energi yang dapat dikonversi secara penuh menjadi energi panas. Sebaliknya, pengonversian dari energi termal ke energi lain dibatasi oleh Hukum Termodinamika Kedua.

7. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi merupakan energi panas yang terbentuk dari kerak bumi. Temperatur di bawah kerak bumi dapat bertambah dengan bertambahnya kedalaman. Suhu di dalam pusat bumi mencapai sekitar 5400 °C. Menurut Pasal 1 UU No.27 tahun 2003 tentang Panas Bumi. Panas Bumi sebagai sumber energi panas yang ada (terkandung) pada uap air, air panas, dan batuan bersama mineral dan gas, yang secara genetik secara keseluruhan tidak bisa dipisahkan oleh suatu sistem Panas Bumi dan untuk pemanfaatannya perlu proses penambangan lagi.

8. Energi Surya

Energi surya merupakan energi panas dan sinar dari matahari. Energi yang dapat dimanfaatkan dengan memakai teknologi seperti pemanas surya, listrik panas surya, fotovoltaik surya, fotosintesis buatan, arsitektur surya.

9. Energi Otot

Energi berasal dari tubuh merupakan energi otot pada manusia. Dan manusia yang bergerak dari organ tubuh akan menghasilkan energi. Contohnya jika manusia memindahkan benda, benda yang terabgkat oleh manusia dihasilkan dari otot.

Manfaat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah manfaat dari energi, sebagai berikut:

1. Energi Air
Sebagai penggerak utama kincir air yang mengolah energi air menjadi energi mekanik.

2. Energi Cahaya
Energy cahaya menolong terjadinya proses fotosintesis pada tanaman yang menghasilkan zat hijau daun yang lantas dikonsumsi manusia sampai kemudian menghasilkan energy pada manusia tersebut sendiri.

3. Energi Listrik
Salah satu format energi terbesar dan paling tidak sedikit digunakan, sebab kita selalu memerlukan listrik masing-masing harinya guna menyetrka, menyaksikan tv, memasak nasi

4. Energi Nuklir
Sebagai sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

5. Energi Kimia
Proses kimia batu baterai yang dapat menggerakan jam didnding ialah bentuk energy kimia yang dikeluarkan oleh batu batrei tersebut

6. Energi Otot
Saat manusia bakal mengusung benda berat, maka energy otot pada manusialah yang bekerja dan menciptakan benda berat itu terangkat.

7. Energi Panas
Dengan memanfaatkan panas dari matahari ini, kita dapat menggunakannya guna menjemur pakaian secara alami dan juga dapat digunakan guna proses fotosintesis. Matahari pun termasuk energi pilihan yang ramah lingkungan.

Sumber-Sumber Energi

Berdasarkan sumbernya, energi dapat dibedakan menjadi energi yang berasal dari bumi (terrestrial) dan yang berasal dari luar bumi (extraterrestrial). Sumber energi juga dapat diklasifikasikan berdasarkan sifatnya. Sumber energi dari bumi dikategorikan menjadi jenis renewable atau nondepleted energy dan non-rennewable atau deplated energy.

Sumber energi yang renewable atau dapat didaur ulang, seperti energi kayu, biomassa, biogas. Sumber energi dari luar bumi, misalnya energi surya dan resources. Sedangkan energi seperti minyak bumi, batubara dan gas alam adalah sumber energi yang bersifat tidak dapat diperbaharui atau dapat habis.

Secara umum sumber-sumber dari energi adalah sebagai berikut:

1. Angin

Angin adalahudara yang bergerak. Ternyata angin bisa dijadikan sebagai sumber energi andai dikelola dengan baik. Salah satu negara yang memanfaatkan angin sebagai sumber energi merupakan Belanda sampai-sampai terkenal dengan sebutan negara kincir angin.

2. Air

Benda yang diam mempunyai energi yang dinamakan sebagai energi potensial. Sedangkan saat benda bergerak mempunyai energi yang dinamakan energi potensial. Sama halnya dengan sumber energi berupa air. Contohnya saja, air terjun. Energi yang didapatkan dari air terjun digunakan untuk menggerakkan turbin pada PLTA.

3. Listrik

Salah satu energi yang berasal dari alam. Beberapa berpengalaman memandang bahwa listrik adalahsumber energi yang tak terbatas laksana cahaya matahari. Listrik yang didapatkan dari arus listrik umumnya didapatkan dari pembangkit listrik. Bisa berupa PLTA (air), PLTS (surya/matahari), PLTU (uap), atau PLTD (diesel).

4. Makanan

Sumber energi ini hanya dapat dirasakan oleh makhluk hidup. Sebagai contoh, kita ketika kelaparan tentu akan menikmati tubuh menjadi lemas. Tapi, sesudah kita santap maka anda akan pulang bugar. Mengapa? Sebab makanan yang sebelumnya kita santap telah pulang menjadi energi. Setelah berenergi kembali, anda akan bisa beraktivitas kembali.Sama halnya dengan fauna serta tumbuhan. Oleh karena itu, makanan adalahsumber energi untuk makhluk hidup.

5. Matahari

Matahari adalahsumber energi kalor’/panas serta menjadi sumber cahaya terbesar di bumi. Tanpanya, tak bakal ada kehidupan di bumi. Di samping menghangatkan bumi, matahari pun sangat diperlukan makhluk hidup lain. Untuk tanaman misalnya, cahaya matahari dibutuhkan untuk proses fotosintesis.

6. Minyak Bumi

Minyak bumi adalah bahan bakar yang tercipta dari fosil. Penggunaan minyak bumi mestilah melewati proses pengolahan terlebih dahulu. Hasil pengolahan minyak bumi yaitu berupa solar, avtur, aspal, bensin, dan minyak tanah. Bensin umum dipakai untuk bahan bakar kendaraan. Solar dipakai untuk mesin diesel sementara avtur dipakai sebagai bahan bakar guna pesawat terbang. Sedangkan minyak tanah guna bahan bakar kompor dan aspal untuk menciptakan jalan atau sebagai penghalusnya.

7. Baterai

Baterai menyimpan energi yaitu energi kimia. Dalam pemakaiannya energi kimia itu akan pulang menjadi energi listrik. Baterai dapat anda temui digunakan dalam sejumlah perangkat laksana mobil mainan, jam dinding, remote control, radio, kamera, dan bahkan mobil dan motor bertenaga baterai.

Sekian uraian tentang Pengertian energi, Jenis Energi, Manfaat Energi Dan Sumber-sumber Energi, semoga artikel mengenai pengertian Energi, jenis, manfaat dan sumbernya bermanfaat untuk Anda ya!

Sumber:

Astu Pudjanarsa dan Djati Nursuhud, Mesin Konversi Energi, C.V Andi OFFSET, Yogyakarta, 2013. / gurupendidikan.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *