Mesa Digital Pengertian Pengertian Mobile Banking

Pengertian Mobile Banking

Pengertian Mobile Banking

Menurut Turban, mobile banking merupakan suatu aplikasi penerapan mobile commerce yang berfokus terhadap masalah finansial perbankan, sehingga memungkinkan dilakukannya kegiatan – kegiatan seperti kegiatan yang dapat dilakukan melalui ATM (Automated Teller Machine) dengan memanfaatkan perangkat mobile.

Mobile banking memberi kemudahan bagi nasabah untuk melakukan pengecekan saldo tabungan, membayar tagihan maupun melakukan transfer dana ke rekening yang lain. Nasabah tidak perlu lagi datang dan antre ke kantor cabang perbankan atau mesin ATM, untuk melakukan berbagai transaksi itu. Dengan mobile banking ‘segalanya’ bisa dilakukan dan dengan sangat mudah.


Mobile banking diartikan sebagai fasilitas bagi nasabah bank untuk dapat melakukan aktifitas perbankan mereka secara lebih leluasa, di mana saja, kapan saja, tanpa harus secara fisik mengunjungi bank tersebut (www.kompas.com).

Pada dasarnya penggunaan mobile banking biasanya bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi sambungan. Secara umum, aplikasi yang sekarang sering digunakan adalah empat aplikasi sambungan berikut (www.tutorial-reports.com/mobile/mobile- banking/tutorial.php, 2006):


Gambar: Jalur Komunikasi SMS Banking
  1. IVR (Interactive Voice Response), IVR beroperasi melalui angka yang telah ditentukan terlebih dahulu oleh pihak bank yang kemudian diberitahukan kepada para konsumen. Konsumen dapat memanggil angka tersebut dan biasanya disambut oleh sebuah pesan elektronik yang diikuti dengan beberapa menu pilihan. Kemudian konsumen dapat memilih opsi yang diinginkan dengan menekan angka yang sesuai di papan kuncinya, dan informasi yang diinginkan akan disuarakan. Sebagian besar menggunakan pesan tulis sampai suara yang telah di program.
  2. SMS (Short Messaging Service). Penggunaan fungsi mobile banking melalui layanan SMS pada perangkat genggam, hal ini bisa dilakukan oleh konsumen yang menginginkan informasi dengan mengirim SMS yang berisi perintah layanan melalui angka khusus yang telah ditentukan. Kemudia pihak bank membalas sms konsumen yang berisikan informasi yang diinginkan.
  3. WAP (Wireless Access Protocol). WAP menggunakan konsep yang mirip dengan yang digunakan oleh internet banking. Pihak bank menyediakan situs WAP dimana konsumen dapat mengaksesnya dengan menggunakan browser untuk WAP di perangkat bergerak mereka. 
  4. Standalone Mobile Aplication Clients adalah pemegang utama yang paling menjanjikan dan cocok untuk mengimplementasikan transaksi perbankan paling kompleks sekaligus menawarkan keamanan yang tinggi. Aplikasi ini bisa diatur sedemikian rupa sesuai tampilan yang didukung dari perangkat bergerak yang digunakan. Salah satu syarat dari penggunaan mobile applications clients adalah mereka harus mendownloadnya pada perangkat bergerak mereka sebelum bisa digunakan.

Sumber:

Turban, et al. (2004). Electronic Commerce: A Managerisl Perspective. Prentice Hall. New Jersey.


Sekian uraian tentang Pengertian Mobile Banking. semoga bermanfaat.
0 Likes

Author: Adriel Mesa

Berlangganan Artikel Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *