Cara Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

Tutorial Lengkap Cara Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

Panduan Cara Sukses Bisnis Affiliate Marketing – internet memberi banyak kemudahan untuk pemakainya. Dari lebih gampangnya cari info, lebih gampang berbicara, bahkan juga sampai lebih gampang untuk memperoleh uang. Banyak cara untuk memperoleh uang dari internet. Dari usaha jualan barang lewat cara online, jadi blogger, jadi vlogger, membuat layanan pembuatan web, turut program AdSense, sampai mengikut program affiliate marketing.

Di artikel ini, Anda akan belajar afiliate marketing selengkapnya. Yok baca sampai usai!

Apa itu Affiliate Marketing

Affiliate marketing ialah mekanisme usaha dengan membayar jasa seorang saat orang itu sukses menjual produk atau jasa seorang vendor/merchant atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang ditawarkan lewat Internet dan memerlukan orang lain untuk menjual produk/jasanya.

Status Anda di sini adalah sebagai orang yang tidak memiliki produk maupun jasa untuk dijual, maka Anda dapat membantu seorang merchant tersebut dalam memasarkan produk/jasanya, dan tentunya kita akan mendapat komisi atas penjualan yang kita lakukan.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Sederhananya affiliate marketing adalah cara mendapatkan uang dengan cara mempromosikan produk yang Anda beli. Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk memulai bisnis afiliate

1. Daftar Program Afiliasi

Anda mendaftar program afiliasi dari perusahaan tertentu.

2. Promosi Produk

Anda mempromosikan produk dari perusahaan tersebut di blog dan media sosial yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menyisipkan kode referral Anda di konten Anda.

3. Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Anda

Ada orang yang membeli produk menggunakan kode referral yang Anda letakkan di media promosi Anda. Biasanya orang yang menggunakan kode referral akan mendapatkan diskon tambahan

4. Dapatkan Komisi

Setelah itu, Anda akan mendapatkan komisi jika ada orang yang membeli melalui link yang Anda letakkan di blog dan media sosial Anda.

Cukup mudah bukan?

Cara kerja affiliate marketing yang saya jelaskan di atas ialah yang umum dan harus diingat jika cara kerja di tiap perusahaan penyuplai afiliasi pemasaran dapat berbeda. Yakinkan selalu untuk membaca persyaratan dan ketetapan saat sebelum mendaftarkan program affiliate.

Perbedaan Sistem Bisnis Affiliate & Reseller

1. Sistem affiliate adalah sistem bisnis online dengan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun. Anda hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang kan kita tawarkan. Komisi affiliate juga tidak sebesar komisi reseller, biasanya hanya berkisar 20-40%.

2. Sistem reseller adalah sistem yang dapat dijalankan untuk bisnis online dengan menjualkan produk atau jasa orang lain dengan syarat kita harus membeli atau memiliki produk tersebut. Komisi yang diberikan juga bervariasi, namun lebih besar daripada komisi yang diterima affiliate yaitu berkisar 30-80%

Kelebihan Affiliate Marketing

1. Proses Mudah

Setiap perusahaan penyedia program affiliate marketing mempunyai syarat dan ketentuan berbeda-beda. Namun, umumnya semua perusahaan menerapkan cara kerja affiliate marketing yang sama. Anda mendaftar sebagai affiliate marketer, lalu mempromosikan produk, dan terakhir mendapatkan komisi jika ada yang membeli melalui link atau banner Anda.

2. Biaya Murah

Ada dua jenis perusahaan penyedia program afiliasi. Pertama adalah perusahaan yang tidak memberikan syarat harus membeli produk perusahaannya untuk mendaftar program afiliasinya. Jenis kedua adalah perusahaan yang mensyaratkan harus membeli produknya untuk bisa mendaftar di program affiliate marketing.

Bila ingin mengikuti program afiliasi dari perusahaan jenis kedua, sebaiknya pilihlah produk yang memang Anda butuhkan. Dengan begitu Anda bisa memenuhi kebutuhan sekaligus mendapatkan uang dari produk yang dibeli melalui affiliate marketing.

3. Berpeluang Jadi Passive Income

Passive income atau penghasilan pasif kini tidak hanya bisa didapatkan dari bisnis kontrakan saja. Affiliate marketing juga bisa menjadi passive income Anda. Dengan satu postingan Anda bisa menghasilkan uang dari orang-orang yang membeli produk melalui link atau banner Anda.

4. Tak Terbatas pada Satu Affiliate Marketing

Mungkin mengikuti program afiliasi dari satu perusahaan belum cukup bagi Anda. Tenang saja karena Anda bisa mendaftar program afiliasi dari perusahaan lain selama tidak bertabrakan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan lainnya.

5. Jam Kerja Fleksibel

Ketika bisnis afiliasi anda sudah stabil, maka Anda dapat memutuskan untuk menjadikan bisnis afiliasi sebagai sumber pendapatan utama. Secara otomatis jam kerja Anda menjadi fleksibel karena tidak terikat dengan waktu. Dengan menjalankan bisnis ini tidak ada patokan lama bekerja. Apabila sudah dirasa cukup, Anda dapat bersantai dengan teman atau keluarga.

6. Mendapatkan ilmu baru

Tentu saja Anda menginginkan bisnis afiliasi yang telah dibangun terus berkembang. Dengan jam kerja yang fleksibel tanpa ada patokan lamanya bekerja, dapat Anda manfaatkan waktu luang untuk memperdalam kembali ilmu Anda tentang bisnis afiliasi.

Cara Sukses Memulai Bisnis Affiliate Marketing?

Sedikit yang Anda perlukan untuk mengikut program affiliate. Tiap perusahaan dapat berbeda persyaratan dan ketetapannya. Tetapi, ada banyak hal umum yang jelas diperlukan untuk semuanya program affiliate:

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan keberhasilan bisnis affiliate marketing:

1. Pilihlah Program Affiliate Marketing yang Tepat

Ada berbagai macam jenis komisi yang dapat diperoleh dari affiliate marketing, tetapi kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini sebelum mengikutinya:

  • Relevansi: Pilihlah program afiliasi yang sesuai dengan niche atau topik kontenmu. Jika kamu memiliki blog tentang media sosial, maka pilihlah afiliasi yang berkaitan dengan software manajemen media sosial, platform periklanan digital, alat-alat optimasi digital, dan sebagainya.
  • Komisi: Setiap program afiliasi menawarkan persentase komisi yang berbeda. Jadi, sesuaikan pilihanmu dengan harapan komisi yang ingin kamu dapatkan.
  • Kredibilitas: Pastikan afiliasi yang kamu pilih adalah sebuah program yang terpercaya. Kamu dapat menilai kualitas sebuah afiliasi dari berapa dan siapa saja yang sudah menjadi affiliate di program tersebut.
  • Support: Pilihlah merchant afiliasi yang bersedia memberikan dukungan penuh, baik dalam bentuk teknis atau layanan pelanggan untuk memastikan segala masalah terkait afiliasi dapat terselesaikan dengan cepat

2. Tentukan Media Promosi Pilihan Terbaik

Sesudah memilih program afiliasi yang sesuai dengan kriteria kamu, sekarang saatnya memilih media yang akan kamu gunakan untuk promosi. Pada umumnya, media promosi terbaik adalah yang memiliki jumlah followers dan engagement terbanyak. Kamu dapat menggunakan blog, media sosial, atau channel YouTube. Pastikan juga penyedia afiliasi sudah mengizinkan penggunaan media tersebut sebelum kamu memasang link dan kode referral kamu untuk menghindari pemblokiran.

3. Buat Konten Review Mendalam secara Personal

Jika sudah memilih program yang sesuai dengan demografis pengikutmu, selanjutnya adalah membuat konten yang bersifat personal. Jika kamu membuat review generik, maka konten kamu tidak ada bedanya dengan ratusan ribu review lainnya yang ada di internet.

Tulislah sebuah ulasan yang personal dan mendalam tanpa memihak, sehingga kamu dapat membangun empati dengan para pembaca dan pengikutmu. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah meyakinkan mereka untuk mencoba produk tersebut melalui link atau kode referral kamu.

4. Manfaatkan Tren yang Sedang Viral

Budaya viral yang sering kamu temukan di media sosial adalah salah satu jalur promosi gratis yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan link afiliasi. Tentunya, kamu harus memikirkan berbagai cara kreatif untuk menerapkan tren tersebut dengan produk atau jasa yang ingin dipromosikan untuk menghasilkan konten yang relevan dan menarik.

5. Gunakan Strategi Fear of Missing Out

Gunakanlah strategi marketing Fear of Missing Out alias rasa takut ketinggalan untuk menambahkan eksklusivitas tawaran kamu. Cobalah menggunakan frase dengan urgensi tinggi seperti “khusus untuk 100 orang pertama”, “hanya hari ini”, dan “diskon khusus untuk pendaftaran dengan link ini” untuk memancing tindakan dari pengikut atau pembacamu.

6. Terapkan SEO ke Blog/website

Apabila kamu menggunakan blog sebagai media promosi program affiliate marketing, menerapkan SEO sudah wajib hukumnya. Tanpa SEO yang bagus, blog kamu tidak akan mengalami penambahan traffic organik dari hasil pencarian search engine.

Jangan khawatir apabila kamu belum mempunyai blog/website. Kamu dapat belajar cara membuat website/blog untuk memulai usahamu dalam menjadi affiliate marketer yang sukses. silahkan join gratis belajar bikin website di channel telegram ini  => https://t.me/jagowebsite

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer

1. Sebelum memutuskan memasuki bisnis affiliate suatu produk, biasakan mempelajari informasi tentang produk atau jasa yang akan Anda promosikan.

2. Pilihlah produk yang diminati pasar atau produk yang Anda sukai, sehingga selain memasarkan Anda juga mendapat kesenangan dari kegiatan tersebut.

3. Hal terpenting dalam menjalankan bisnis affiliate adalah dengan membuat website atau blog. Sebaiknya Anda membuat website yang serius dengan membeli hosting dan domain dan jangan menggunakan website dan domain gratis untuk website bisnis affiliate Anda.

4. Pelanggan saat ini, cukup cerdas dalam menilai kebenaran sebuah produk. Cobalah terlebih dahulu produk yang Anda jual. Sehingga Anda bisa memberi testimoni sesuai manfaat sebenarnya yang Anda rasakan. Dengan membagi pengalaman pribadi, maka pelanggan akan lebih percaya tentang produk afiliasi yang Anda tawarkan.

5. Jika Anda mempromosikan produk affiliasi melalui website maupun blog, maka usahakan blog atau website tersebut juga memiliki content yang bermanfaat, tidak hanya sebagai tempat iklan produk Anda. Dengan memberi content website yang berharga, selain konsumen akan memiliki edukasi terkait produk, juga akan memiliki loyalitas untuk selalu datang ke website tersebut dan melakukan pembelian.

6. Mengatur keuangan dengan baik, juga menjadi syarat sukses menjalankan bisnis affiliate. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda tidak hanya berakhir menjadi tenaga penjualan afiliasi secara online saja, tapi juga bisa meningkat menjadi seorang reseller yang memiliki stok barang sehingga lebih cepat merespon permintaan konsumen tanpa harus menunggu kabar dari supplier terlebih dahulu.

Cara Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing yang Sukses

Memulai affiliate marketing bukan hal yang sulit. Selama Anda memiliki media promosi dan kemauan untuk mempelajari affiliate marketing, Anda bisa menghasilkan dari komisi penjualan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan affiliate marketing yang menghasilkan:

1. Buat Review yang Personal

Anda bisa saja membuat review produk tanpa perlu benar-benar menggunakannya. Namun, isi kontennya akan sama dengan review-review produk yang sama yang bertebaran di internet. Tambahkan nilai lebih di review dengan pengalaman Anda menggunakan produk yang Anda promosikan. Dengan begitu review Anda memiliki nilai personal yang tidak bisa ditemukan di review-review lain.

2. Jangan Fokus Mendapatkan Komisi

Tujuan utama Anda memang untuk menghasilkan uang dari program afiliasi. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kebutuhan pembaca Anda. Yang dicari pembaca ketika mencari produk bukan sebatas informasi harga dan spesifikasi saja. Mereka juga mencari pengalaman orang-orang yang sudah menggunakan produk yang ingin mereka beli. Mereka butuh pertimbangan dari orang lain untuk menentukan membeli sebuah. Review produk adalah sarana Anda untuk membantu mereka menentukan produk yang paling cocok untuk mereka.

3. Buat Review yang Menarik

Walaupun program afiliasi bisa dianggap sebagai pekerjaan sampingan, bukan berarti Anda bisa melakukannya setengah-setengah. Buat review semenarik mungkin. Berikan pengalaman Anda ketika menggunakan produk. Tambahkan gambar produk dengan kualitas tinggi. Jika diperlukan, Anda juga bisa membuat infografik sederhana tentang produk yang Anda promosikan. Intinya adalah buat konten promosi semaksimal mungkin.

4. Perhatikan SEO Konten

Konten review yang menarik akan lebih baik lagi ketika didukung SEO yang optimal. Temukan keyword yang banyak dicari terkait produk yang akan Anda promosikan melalui riset keyword. Kemudian buat konten review sesuai kaidah SEO. Dengan begitu review Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian dan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diklik dan dibaca.

5. Pahami Target Audience

Pahami apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli produk yang Anda promosikan. Cari tahu apa pertanyaan yang sering mereka ajukan mengenai produk yang Anda promosikan melalui media sosial dan forum-forum. Setelah itu, jawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang produk yang Anda promosikan melalui review yang Anda buat.

6. Fokus pada Niche Tertentu Saja Dulu

Anda memang bisa mengikuti banyak program afiliasi dalam waktu bersamaan, tapi bukan berarti Anda bisa asal mendaftar program afiliasi. Pilihlah produk yang sesuai dengan niche/tema blog Anda. Misalnya,

Anda mengelola blog dengan niche teknologi maka sebaiknya produk-produk yang Anda promosikan adalah produk teknologi. Jika blog Anda nichenya adalah fashion, sebaiknya Anda mendaftar program afiliasi dari perusahaan fashion juga. Fokus pada niche tertentu adalah strategi untuk membangun kepercayaan pembaca. Tentu mereka lebih percaya pada review-review yang ditulis oleh ahlinya. Dengan fokus pada niche tertentu Anda secara tidak langsung membangun narasi bahwa Anda ahli di bidang tersebut.

7. Berikan Call to Action

Tujuan utama Anda dari mendaftar program affiliate marketing adalah agar orang-orang menggunakan kode referral Anda. Hanya dengan kode referral tersebut perusahaan penyedia afiliasi bisa mengidentifikasi kalau orang-orang membeli produknya melalui Anda.

Untuk memberi perintah kepada pengunjung untuk memakai kode referral Anda, Anda membutuhkan CTA atau Call to Action. Call to Action adalah petunjuk atau perintah kepada pengunjung untuk melakukan suatu tindakan, dalam hal ini adalah menggunakan kode referral Anda. CTA dapat berupa gambar atau teks.

Sistem Pembayaran di Affiliate Marketing

Berikut beberapa sistem pembayaran affiliate marketing jika Anda berhasil mengajak orang lain membeli menggunakan kode Anda:

1. Pay Per Click

Seperti namanya, pay per click adalah sistem pembayaran dimana Anda akan mendapatkan komisi jika ada yang mengklik link afiliasi Anda. Nah, link tersebut biasanya akan mengarah ke website perusahaan afiliasi. Semakin banyak orang yang mengklik link Anda, semakin banyak pula komisi yang akan didapatkan.

2. Pay Per Lead

Pada sistem pembayaran pay per lead, Anda akan mendapatkan komisi apabila ada orang yang sudah berhasil menjadi leads. Seperti mengisi info kontak, mendaftar jadi anggota, mendownload sesuatu, atau berlangganan newsletter. Jadi, jika orang tersebut belum melakukan salah satu hal tersebut, Anda tidak akan mendapatkan komisi.

3. Pay Per Sale

Pay per sale adalah sistem pembayaran yang akan membayar Anda dari persentase harga penjualan produk afiliasi. Contohnya bisa Anda temukan pada program afiliasi Niagahoster yang memberikan Anda komisi 70%. Jadi, jika ada yang membeli hosting seharga 1,5 juta melalui referral di Niagahoster, Anda akan mengantongi komisi sebesar 1,05 juta.

Tips untuk Sukses di Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan cara yang paling populer untuk menghasilkan uang secara online. Semua orang bisa menghasilkan komisi dari affiliate sekalipun anda kurang berpengalaman di bisnis internet marketing.

Berikut ini 10 Tips ampuh untuk membantu anda agar sukses melalui affiliate marketing dan bersiaplah menghasilkan komisi yang besar dari affiliate marketing.

1. Hal pertama yang sangat penting anda lakukan adalah pilih niche atau topik yang spesifik yang ingin anda promosikan melalui program affiliate. Buatlah affiliate marketing anda ditargetkan oleh satu pasar/market dan promosikan produk anda di market tersebut. Hindari niche yang terlalu luas dan umum.

2. Lakukan penelitian/research dan pilih program affiliate yang sesuai dengan niche anda. Program affiliate atau produk affiliate harus yang berkualitas baik dan harga yang terjangkau. Hal ini akan membuat anda lebih mudah untuk menjual produk atau programnya. Pilihlah program affiliate yang bagus, bisa tercapai dan berpeluang besar untuk sukses.

3. Buatlah website yang fokus pada niche anda dan berkualitas baik serta konten yang unik berisi keyword dan phrase anda.

4. Tentu saja anda harus menyediakan budget khusus untuk mempromosikan website anda.

5. Datangkan pengunjung ke website anda. Dengan banyaknya pengunjung peluang anda mendapatkan komisi semakin besar. Tulislah artikel yang terkait dengan niche anda dan daftarkan webiste anda ke search engine. Anda juga bisa bertukar link dengan mereka yang memiliki website dengan rangking tinggi yang terkait dengan niche anda.

6. Buatlah review dari program affiliate atau produk di blog. Jangan lupa berikan affliate links anda disana.

7. Buatlah email list/daftar email dan penawaran kursus online gratis, artikel atau e-books. Saat anda telah memiliki email list, anda dapat menjalin kontak dengan prospek anda dan rekomendasikan produk affiliate anda kepada mereka. Buatlah file khusus untuk menyimpan email list. Dalam bisnis online, email list sangat banyak manfaatnya.

8. Anda harus siap dan selalu bersedia untuk menjawab pertanyaan dari prospek dan customer anda. Membina hubungan baik dengan customer anda adalah hal yang sangat penting dalam bisnis online. Pastikan anda mencantumkan nama asli anda dan email di website anda sehingga calon customer yang potensial bisa menghubungi anda untuk bertanya dan mereka yakin dengan anda. Hal ini sangat penting untuk kredibilitas anda.

9. Bangunlah jaringan sub-affiliate anda. Selalu kontak dengan sub-affiliate anda dan berikan motivasi kepada mereka untuk sukses, karena kesuksesan mereka adalah kesuksesan anda juga.

10. Bekerja keraslah, konsisten dan fokus untuk membangun dan mempromosikan website anda serta bersabarlah.

Kesimpulan

Affiliate marketing adalah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Affiliate marketing dapat dilakukan oleh siapa saja, selama punya niat dan kemauan untuk mempelajari affiliate marketing. Anda bisa menjadikan affiliate marketing sebagai penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Teman-teman sudah belajar bagaimana cara melakukan afiliasi pemasaran. Mulai dari cara kerja bisnis affiliate marketing, hingga cara menjalankannya. Ok semoga bermanfaat dan salam sukses !

One thought on “Tutorial Lengkap Cara Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

  1. Bisner berkata:

    Tutorial yang bagus, , terimakasih mesa digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *